#WMR 31 May – 4 June 2021

  • icon-jam3 years ago
  • icon-share
    Shares

#WMR 31 May – 4 June 2021

Highlight

 

Minggu yang baik buat kinerja aset saham dimana IHSG membukukan kenaikan 3,7% dan balik ke zona 6000. Valuasi indeks yang menarik dan lonjakan kasus covid yang sepertinya cukup terkontrol menjadi pendukung kenaikan tersebut. Yield INDOGB 10 tahun pada level yang stabil di 6,4%.

Manufacturing PMI China bulan Mei naik ke 52, begitu pula dengan US dan EU yang naik ke 62,1 dan 63,1 masing – masing.  Indonesia mengikuti trend tersebut dengan mencatatkan kenaikan ke 55,3 di Mei dari 54,6 di April.

US non – farm payroll Mei kembali meleset dari harapan konsensus dengan hanya mencapai 559 ribu pekerja dari 650 ribu yang diprediksi. Selain itu, US unemployement rate Mei turun ke 5,8% dari sebelumnya naik ke 6,1%.

Inflasi Indonesia bulan Mei loncat ke 1,68% dari 1,42%. Sementara inflasi inti Mei mengalami kenaikan pertama kali sejak September 2019 menjadi 1,37% dari 1,18% bulan sebelumnya.

 

Picture of the week

 

 

Sumber: FT

 

Negara – negara produsen vaksin covid terutama Amerika Serikat dinilai terlalu pelan dalam melakukan  ekspor bahan baku vaksin sehingga vaksinasi negara lain menjadi cukup pelan. Meskipun tidak ada larangan langsung dari pemerintahannya, banyak isu yang harus diselesaikan oleh perusahaan produsen vaksin seperti perlindungan hak paten dan gugatan hukum yang membuat produsen berhati – hati dalam mengambil keputusan. Selain itu, vaksinasi yang terjadi Amerika Serikat sudah mencapai hampir 60% (1 dosis pertama) dan diharapkan dapat segera selesai sehingga ekspor vaksin ke luar negeri dapat segera terjadi seperti yang disampaikan Presiden Joe Biden. Dia menjanjikan bahwa pendistribusian vaksin ke negara lain akan dilakukan tanpa mencari kepentingan politik.

 

Important Date

 

  • 7 Juni

Indonesia Forex Reserves

  • 10 Juni

US inflation

 


 

PRODUK 6M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
JCI +1,1% +1,44%
Saham
MITRA -0,74% -1,76%
ASEAN5 -3,14% -3,20%
MGSED +5,08% +0,77%
Pendapatan Tetap
MIDU -0,49% +0,91%
MINION -0,77% -0,85%
MIDO2 -0,17% -1,90%
IDAMAN -0,60% -0,72%

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *