Atur Keuangan Pasca Lebaran

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Atur Keuangan Pasca Lebaran

Selamat Idul Fitri teman-teman semua! Setelah seru-seruan berkumpul dengan keluarga nanti, pekerjaan dan kehidupan di depan sudah menunggumu. Kamu udah siap belom untuk bangun dari libur panjang setelah ini? Maka dari itu habis mudik, kamu perlu mengevaluasi segala hal termasuk pengeluaranmu di bulan kemarin. Bila kebanyakan sudah keluar dari garis anggaran, artinya keuanganmu perlu kembali disehatkan dengan beberapa cara:

 

  • Teliti tagihan kartu kredit

Yakin deh menjelang Lebaran kemarin intensitas pemakaianmu terlalu meningkat buat belanja ini itu dan jadi pekerjaan rumah ketika tagihannya keluar. Jika terlalu berat untuk melunasinya, konsisten saja membayar tagihan minimum didukung dengan berhenti sementara dari penggunaan kartu hingga cicilan selesai.

  • Hemat Biaya Harian

Karena sudah bersenang-senang dengan THR, ini saatnya kamu mengurangi pengeluaran contohnya dengan membawa makan siang ke kantor, kurangi nongkrong, belanja gunakan transportasi umum untuk beraktivitas keuangan lekas sehat.

 

  • Alokasi Kebutuhan Sekolah Anak

Tahun ajaran baru biasanya dimulai setelah Lebaran menimbulkan banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, utamanya uang sekolah, buku dan lainnya. Jika dana THRmu sudah betul-betul habis, kamu bisa menggunakan dana darurat atau hasil investasi untuk menutupinya.

 

  • Kembali Berinvestasi Dan Menyisihkan Dana Darurat

Biarpun keuanganmu sedang dipulihkan, tapi tetap paksakan diri untuk menyisihkan dana darurat yang terpakai saat atau pasca Ramadhan untuk berjaga-jaga. Selain itu, perlahan sisihkan paling sedikit 10% dari penghasilanmu untuk berinvestasi Reksa Dana untuk pemenuhan kebutuhan lainnya kelak.

 

Dengan disiplin menerapkan strategi tersebut, percaya deh kalo keuanganmu bisa segera kembali seperti semula. Semangat!

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *