Berbagai Biaya Persiapan Masuk Sekolah Dasar

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Berbagai Biaya Persiapan Masuk Sekolah Dasar

Tahun ajaran baru adalah hal memusingkan lainnya bagi para orang tua muda. Apalagi kalo punya anak yang jaraknya tidak jauh, kebayang kan rumitnya mikirin biaya masuk sekolahnya? Pertimbangan sekolah sekarang berbeda dengan jaman dulu yang hanya penting murah atau dekat rumah. Kurikulum, fasilitas, bahasa, kenyamanan dan semacamnya menjadi patokan pemilihan sekolah demi masa depan anak.

 

Udah tahu juga dong kalo sekolah yang model begitu tidaklah murah. Kita nggak hanya bicara soal SPP tahunan aja, setelah dirangkum ada 7 komponen biaya pendidikan yang harus disiapkan, yaitu:

 

  • Biaya Masuk

Umumnya biasa dikenal dengan sebutan uang pangkal atau uang bangunan yang dibayarkan hanya sekali di tahun pertama ketika anak masuk sekolah untuk membangun atau melengkapi sarana fisik sekolah. Total uang ini mampu membuat jantung orang tua beda degupan karena kadang mahalnya melebihi uang masuk Perguruan Tinggi. Tapi ya tentu sepadan sama fasilitas pendidikan yang akan diperoleh anak.

 

  • Biaya Bulanan

SPP per bulan beberapa sekolah keren benar-benar menguras keuangan. Maka dari itu memiliki investasi jangka panjang sejak awal, seperti Reksa Dana Saham, itu wajib banget apalagi jika kamu bercita-cita menempatkan anak ke sekolah terbaik. Harga mahal pun dapat dicerna apabila kamu sudah berinvestasi sedari awal.

 

  • Biaya Tahunan

Selain 2 biaya wajib diatas, tanyakan ke sekolah yang dituju mengenai biaya daftar ulang / tahunan. Pembayaran ini dilakukan sebanyak 5 kali atau tiap ajaran baru, lalu siapkan mental juga karena kemungkinan jumlahnya besar, tergantung dari sekolah masing-masing.

 

  • Biaya Seragam

Uang masuk tuh belum termasuk pembelian seragam lho. Tingginya nominal mengingat sekolah mewajibkan siswa memakai seragam berbeda setiap harinya. Belum lagi biaya penjahit jika yang kamu dapatkan dari sekolah masih berupa kain.

 

  • Biaya Buku

Barangkali ada sekolah yang masih menerapkan pemakaian buku cetak dalam pembelajarannya atau bahkan semua sudah melalui e-book. Namun tetap saja nggak gratis kecuali bisa pinjam di perpustakaan. Buku pun kebutuhannya beragam, ada yang khusus untuk sekolah dan ada yang untuk menunjang pengetahuan di luar sekolah. Sediakanlah demi anak.

 

  • Biaya makan siang

Pelajari juga apakah sekolah tersebut menyediakan makan siang atau kamu harus menyiapkannya sendiri. Beberapa sekolah menyediakan makan siang dengan pembebanan biaya ke spp, tapi ada juga yang mempersilahkan orang tua memilih vendor katering langganan sekolah dan membayarnya langsung ke katering tersebut. Kalo mau murah sudah pasti bawa bekal dari rumah.

 

  • Biaya les

Kursus tambahan ini memang berada di luar biaya pendidikan. Orang tua kerap memberikan ini ke anak dengan alasan membantu mengatasi permasalahan belajar atau ingin memaksimalkan potensi anak. Cuma lebih baik tanyakan pada anak apakah mereka berkenan. Sebab keterpaksaan yang timbul akan mempengaruhi psikologis anak.

 

Bacanya jangan sambil stres gitu. Selama kamu punya Reksa Dana Saham sebagai bentuk investasimu, persoalan biaya pendidikan akan tertutup kok. Yang penting mulai aja dari sekarang supaya pikiranmu tenang.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *