Cara Mengatur Alokasi Finansial Yang Oke

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Cara Mengatur Alokasi Finansial Yang Oke

Banyak banget curhatan temen kita yang hidupnya sebatas gaji numpang lewat. Nabung itu sepertinya mustahil, bisa beli barang tanpa nyicil itu juga kayanya ga mungkin. Tetapi dibalik curhatannya yang miris, kita bisa lihat juga loh gaya hidupnya yang rajin travelling, makan di kafe kekinian, datang ke festival atau konser yang seru. Kata mereka sih, “Living the Live!”

 

Bener banget kalo hidup itu cuma sekali dan jadi anak muda juga hanya dalam waktu tertentu. Tapi mau boros sampe kapan? Yuk udah saatnya kita disiplin atur budget biar hidup lebih terencana dan tetap bahagia. Mulai deh di bulan ini kamu cek berapa yah jumlah pendapatan bulanan kamu, gaji bulanan plus hasil side job.

 

Nah untuk bisa mulai menghemat, batasi pengeluaran bulanan kamu maksimal 70 persen dari total pendapatan bulanan.

 

Ingat yah jatah makan dan transportasi termasuk biaya hidup sehari-hari yang masih kamu butuhkan, sedangkan cicilan sudah masuk ke kategori pengaluran yang wajib kamu hindari. Daftar cicilan itu bisa cicilan rumah, motor atau mobil, kartu kredit. Kalau ternyata kelewat batas, mulai lah kurangi biaya berlangganan misalnya langganan wifi, TV kabel, Netflix, Spotify Premium, Aplikasi berbayar plus Games kayak PUBG.

 

Nah selanjutnya, kamu bisa menyisihkan 20 persen lainnya untuk mulai berinvestasi. Kalau bisa lebih besar itu lebih baik dan pasti lebih kinclong hasilnya. Contohnya kamu bisa memulai berinvestasi di Reksa Dana. Nah, untuk startnya kamu bisa mulai pilih Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Pasar Uang.

 

Saat ini aplikasi investasi online lagi ramai dibicarakan, salah satunya adalah Moinves dari Mandiri Investasi. Pembelian Reksa Dana di Moinves start hanya mulai dari 50.000 saja. Kalau sudah mantap dan modal investasi kamu semakin besar kamu bisa memiliki berbagai instrumen investasi lainnya.

 

Jangan lupa juga sisihkan minimal 7.5 persen untuk perlindungan alias punya asuransi kesehatan atau minimal ikut BPJS. Hidup di negera tropis bikin kita lebih rentan terhadap penyakit. Pastikan kalau perlu biaya berobat, engga bikin tabungan kamu hilang.

 

Oh iya, jangan lupa untuk sisa 2.5 persen pendapatan kamu dialokasikan untuk amal dan sedekah. Berbuat baik sama orang dengan rejeki kamu ibadah dan bikin hidup lebih berfaedah.

Spend wisely, invest safely and live happily.

 

Written by

Aliyah Natasya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *