Detoks Kartu Kredit Pasca Lebaran

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Detoks Kartu Kredit Pasca Lebaran

Happy Lebaran teman-teman! Pada mudik kemana aja nih? Seru banget dong ya berkumpul sekaligus jalan bareng keluarga. Mumpung lagi pulang kampung, pasti kalian berusaha menyenangkan orang tersayang dengan THR atau biar lebih gampang tinggal gesek kartu kredit. Ini nih yang sedikit berbahaya, asal gesek tahu-tahu tagihannya bikin mata melotot.

 

Setelah liburan enak, sekarang saatnya siapin mental kalian untuk detoks alias membersihkan diri dari perhutangan dengan menerapkan strategi berikut supaya kamu bisa cepet napas lega dan kembali berinvestasi:

 

  • Hentikan Pemakaian Kartu Kredit. Ini langkah awal yang paling penting. Tinggalkan kartumu di rumah, lalu gunakan uang tunaimu dalam transaksi. Dengan tunai, pengeluaranmu bisa jauh lebih diatur karena kamu akan lebih memikirkan prioritas kebutuhan. Jika kamu masih bersikeras pake kartu kredit saat utang masih numpuk ya nggak papa. Paling resikonya capek sendiri ngelunasin tagihan.

 

  • Biar kamu nggak males atau konsisten sama jumlah pembayaran, mendingan aktifkan aja autodebet pada tanggal cetak atau maksimal seminggu setelahnya. Jadi memang ada sedikit pemaksaan agar utangmu cepet lunas. Memang nyebelin, tapi itu juga bisa menolong kamu lebih teratur dalam pemakaian keuangan harian.

 

  • Lunasi Kartu Kredit Dengan Bunga Terbesar. Ketahuilah jika bunga tagihan itu bikin kamu seret. Makanya lunasi kartu kredit dengan bunga terbesar misal bayarlah dulu kartu kredit A yang berbunga 4%, barulah fokus ke yang tagihan kredit B dengan bunga 3% yang lebih kecil.

 

  • Bayar Melebihi Tagihan Minimum. Cara agar utangmu segera lunas adalah dengan menetapkan pembayaran minimal versi dirimu sendiri, bukan berdasarkan tagihan. Misalnya kamu punya total tagihan 5 juta dengan minimum pembayaran 400 ribuan. Bayarkan minimal 1 juta atau jika bisa 2 juta supaya di bulan ke tiga kartumu bersih dari hutang.

 

  • Kerja Sampingan. Ngerasa gaji utama nggak cukup buat bayar kartu kredit, kamu mungkin bisa coba cari tambahan kerjaan sementara di akhir pekan yang mampu menutupi cicilan kreditmu. Inget, duitnya bukan buat belanja lagi ya. Tapi lunasin hutang.

Nanti kalo udah beres, mulai gunakan lagi kartu kredit sesuai manfaatnya ya. Jangan sampai kejadian lagi dan utang jadi menumpuk ya! Dari pada habis buat bayar utang, mendingan dijadiin investasi seperti Reksa Dana.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *