Investasi Sumber Daya Manusia dalam Revolusi Industri

  • icon-jam05 Desember 2018
  • icon-share
    Shares

Investasi Sumber Daya Manusia dalam Revolusi Industri

Negara kita mengalami perubahan yang pesat beberapa tahun terakhir. Produktivitas meningkat, kompetisi di beberapa bidang semakin menguat demi terciptanya cita-cita menjadi negara maju. Indonesia telah menapaki Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi serta otomasi. Sebab itu, nggak salah sih kalau negara mulai berinvestasi pada sumber daya manusia yaitu generasi millenial, salah satunya untuk menyiapkan mereka menjadi angkatan kerja yang kompetitif. Revolusi Industri akan terus menghadirkan perubahan ke depannya sehingga manusia pun harus lebih kreatif demi bertahan dalam kompetisi hidup yang kian sengit.

 

Nah, kamu sebagai salah satu manusia produktif harus mengisi amunisi melalui pendidikan yang baik serta skill pendukung sesuai kebutuhan sekarang. Tujuannya, agar kamu memiliki sisi unggul dibanding yang lain. Ini penting karena beberapa pakar telah meramalkan bahwa kelak manusia dapat tergantikan oleh kecanggihan teknologi. Oleh karena itu, bekali dirimu dengan mengasah beberapa kemampuan berikut agar lebih siap menghadapi Revolusi Industri 4.0:

 

  • Problem Solving
    Barangkali sekeren-kerennya robot, ia tidak memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik. Inilah kesempatanmu menggali diri dimulai dengan belajar identifikasi, menentukan elemen utama masalah, melihat solusi dari berbagai sudut pandang hingga menentukan pengambilan tindakan dan keputusan.

 

  • Critical Thinking
    Di pekerjaan tentu kamu dituntut mempunyai keahlian tersebut. Kamu harus menunjukkan kemampuan berpikir sendiri tanpa selalu tergantung ke rekan kerja, membentuk strategi yang berorientasi pada sasaran secara jelas dan beralasan. Memang perlu waktu guna menumbuhkannya, tapi yang penting kamu tidak menyerah di proses supaya terlihat hasilnya.

 

  • Creativity
    Kemampuan ini sangat dicari oleh semua industri. Kreativitas seseorang menunjukkan seberapa jauh ia dapat terus berinovasi mengikuti keadaan. Keunikan dari setiap idemu membentuk panggung tersendiri sehingga kamu akan cukup diperhitungkan dalam pekerjaan. Dari mana datangnya kreativitas? Buka selalu pikiranmu, bentuklah jaringan yang luas dan belajar untuk keluar dari zona nyaman.

 

  • Emotional Intelligence
    Maksudnya adalah kecerdasan emosional yang menunjukkan kemampuanmu untuk mengatur, menilai, menerima dan mengontrol diri sendiri plus orang lain di sekitar. Ini juga memperlihatkan kekuatanmu serta sikapmu ketika memimpin dan mengelola tim secara efektif. Jika kamu merasa belum mampu, tenang saja karena semua dipengaruhi oleh jam terbang pengalaman. Seraplah ilmu sebanyak mungkin, pelajari kemudian terapkan.

 

  •  Negotiation
    Negosiasi ialah salah satu seni berkomunikasi yang membutuhkan strategi tepat agar pesan yang ingin kita sampaikan tercerna baik ke lawan bicara. Keberhasilan diukur dari terwujudnya sebuah kesepakatan yang sudah direncanakan. Meski mungkin semua tak berjalan mulus, kecewa bukanlah pilihan yang tepat. Semua bisa diatasi dengan semangat diimbangi banyak latihan, bertemu orang dan beradaptasi.

Melihat realita diatas, seberapa siapkah kamu menaklukan Revolusi Industri? Investasikan dirimu lewat optimisme dan terus belajar demi menembus batas.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *