Kembangkan Bisnismu dengan Kemampuan Kepemimpinan Ini

  • icon-jam03 Januari 2019
  • icon-share
    Shares

Kembangkan Bisnismu dengan Kemampuan Kepemimpinan Ini

Banyak cara untuk dapat mengembangkan bisnis kamu. Namun, satu-satunya cara yang tidak bisa ditiru oleh para pesaing yaitu bagaimana kamu berinovasi serta menjalin hubungan baik dengan semua rekan bisnismu. Tak cukup itu saja, kesuksesan juga ditentukan oleh strategi kepemimpinan bisnis masing-masing orang. Berikut kemampuan yang harus dimiliki sebagai seorang pebisnis untuk perkembangan bisnisnya:

 

  • Kesadaran diri
    Sebagai pebisnis dan pemimpin, kamu harus sadar pengaruh diri terhadap semua rekan bisnis baik karyawan, klien atau bahkan pelanggan. Buat diri kamu sebagai panutan, sehingga mereka berkeinginan mendengar dan dapat berperilaku seperti yang dibutuhkan. Kepekaan diri juga bisa membuat kamu menjadi pemimpin yang lebih intuitif.

 

  • Personalisasi dan komunikasi
    Dalam survei Epsilon 2018, 80% konsumen dewasa mengatakan mereka lebih mungkin melakukan bisnis dengan perusahaan yang berfokus pada personalisasi. Untuk dapat mencapai ini, dibutuhkan strategi komunikasi dimana pelanggan menjadi fokus utama. Contohnya, selalu berikan update tentang apapun yang menyangkut pelanggan, seperti kenaikan harga, promosi, aturan baru dan sebagainya agar mereka merasa lebih dekat dengan usahamu.

 

  • Kejujuran dan transparansi
    Milikilah kepercayaan rekan bisnismu dengan selalu jujur dan transparan kepada mereka. Jelaskan secara detail informasi yang diinginkan, berikan alasan jika memang sesuatu yang buruk terjadi. Jangan biarkan sebuah informasi atau isu tersebar tanpa adanya penjelasan.

 

  • Empati
    Sekali lagi, rekan bisnis adalah pusat fokus utama bisnismu. Berikan empati kepada mereka yang datang dengan berbagai masalah. Dengarkan segala keluhan mereka, empati terhadap kejadian tersebut dan carilah solusi. Bersikap tidak defensif bukan berarti kamu mengakui keluhan tersebut adalah kesalahan dari perusahaanmu.

 

Selain 4 sikap tersebut, pastikan kamu telah memiliki investasi yang cukup sebelum membangun bisnis. Lalu rencanakan juga keuanganmu supaya tidak mengalami kesulitan hidup di pertengahan jalan.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *