Kenali Tipe Manakah Kamu Dalam Penggunaan Uang

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Kenali Tipe Manakah Kamu Dalam Penggunaan Uang

“Some things related to money management are part of our personality” . Sebuah kutipan yang cukup valid dari Sarah Newcomb, seorang peneliti dan juga penulis buku Money, Psychology, and How to Get Ahead Without Leaving Your Values Behind. Masing-masing orang pasti punya perspektif tersendiri dalam memperlakukan uang entah karena lingkungan keluarga yang berbeda, pengaruh pertemanan hingga pengalaman pribadi.

 

Secara tidak sadar, itulah yang membentuk mereka dalam mengambil keputusan mengenai pembelanjaan uang. Kamu yang tidak ingin terlarut dengan faktor diatas, dikutip dari website Life and Money Sarah Newcomb memberimu saran supaya kamu bisa mengenali karakter dalam mengambil keputusan yang terbagi menjadi 6 tipe. Coba cari tahu kamu tipe yang mana dibawah ini:

 

  • Selfless Spender

Niatnya pengen baik sama orang, tapi terlalu baik buat bagi-bagi duit gratisan bikin kamu berpeluang nggak punya simpanan. Belajarlah menolak permohonan nggak penting supaya mereka juga berusaha bertahan dengan apa yang dimiliki. Kamu pun dapat fokus ke diri kamu sendiri. Pas kamu lagi nggak ada uang, belum tentu mereka juga bisa menolongmu kan?

 

  • Status Spender

Tipe ini kalo ketinggalan tren kayaknya bisa stres, makanya ia mengeluarkan uang supaya bisa selalu ikut keseruan yang ada. Hasilnya jika kamu terus-terusan begini kamu akan sulit mengatur keuangan jangka panjang. Lebih baik belajar mempertimbangkan keinginan atau cari satu barang yang kamu pengen banget kemudian selebihnya berinvestasilah.

 

  • Spontaneous Spender

Penggemar beli barang lucu tapi nggak penting-penting amat terus nyesel pas udah nyampe rumah. Nggak masalah sih dikit-dikit beli, tapi setelah itu coba sportif dengan menyisihkan jumlah uang yang baru kamu pakai ke rekening tabungan atau akun investasimu. Makin banyak berinvestasi, hasilnya bakal makin banyak juga tabunganmu.

 

  • Free Spirit

Ngatur uang itu memberatkan buat karakter ini. Cuma bagaimana pun kamu harus mendorong dirimu belajar perencanaan keuangan sederhana agar terlihat jelas seberapa besar pengeluaranmu. Alternatif lainnya, gunakan aplikasi seperti Wallet atau Level Money yang bisa terhubung ke akun rekeningmu untuk membantu proses menabung.

 

  • Planned Spender

Terlalu rajin menabung, tipe ini malah takut kehilangan uang sehingga lupa bagaimana cara menikmati hidup. Kamu keren sudah mampu mengatur anggaranmu sedemikian rupa, tapi liburan itu juga membantumu memperluas isi kepala serta meningkatkan kinerja lho. Hilangkanlah letih, mulai berpikiran jernih sehingga akan banyak ide yang bisa dipilih.

 

 

Selain memahami diri sendiri lewat karakter diatas, coba temukan sesuatu yang menarik sehingga kamu ngerasa menabung, salah satunya lewat investasi dan itu menyenangkan. Dengan hasil investasi itu, kamu bisa jalan-jalan bahkan bisa punya masa depan yang lebih aman.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *