Bond Market Commentary : Juli 2024

  • icon-jam05 Agustus 2024
  • icon-share
    Shares

Bond Market Commentary : Juli 2024

Gaining Momentum

 

Kelas aset pendapatan tetap mendapatkan momentum, dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dari segi fiskal, Menteri Keuangan Indonesia telah memutuskan untuk meningkatkan penggunaan SAL (Saldo Anggaran Lebih) untuk mengimbangi pendapatan pemerintah yang diproyeksikan lebih rendah tahun ini. Hal ini telah mengurangi risiko pasokan obligasi domestik, memungkinkan pemerintah untuk mengoptimalkan portofolio utangnya sambil menjaga keberlanjutan fiskal. Sementara itu, penerbitan obligasi oleh Departemen Keuangan AS untuk kuartal mendatang lebih rendah dari yang diantisipasi, yang berarti investor obligasi kemungkinan tidak akan menuntut imbal hasil yang lebih tinggi.

 

Dalam hal kebijakan moneter, Bank Sentral China menurunkan baik tingkat fasilitas pinjaman jangka menengah maupun suku bunga acuan pinjaman pada Juli 2024—suatu kejadian langka untuk menyesuaikan ketiga suku bunga dalam satu bulan yang sama. Pada saat yang sama, Bank of Japan menaikkan suku bunga acuannya sebesar 15 basis poin untuk mengendalikan inflasi. Sedangkan Federal Reserve AS telah mempertahankan suku bunga acuan stabil tetapi memberi sinyal kemungkinan penurunan pada September 2024 karena kondisi ekonomi semakin mendekati kondisi yang diharapkan. Kebijakan moneter dari beberapa Bank Sentral dapat menyebabkan imbal hasil obligasi yang lebih rendah dan nilai tukar mata uang yang stabil di pasar negara berkembang, termasuk Indonesia.

 

Akhirnya, obligasi Indonesia telah mendapatkan momentum. Kami memperpanjang durasi fund obligasi untuk memanfaatkan kondisi yield yang sedang menurun. Resiko penurunan terlihat terbatas, dan investor dapat memperoleh keuntungan dari kondisi domestik dan global.

 

Rekomendasi Produk

 

REKSA DANA PENDAPATAN TETAP
MIDU Reksa Dana MIDU berinvestasi pada Instrumen Obligasi dengan segmen Jangka Menengah dan dikategorikan berisiko rendah – menengah.
Investor memiliki risiko atas Portofolio Obligasi tersebut.
IDAMAN Reksa Dana IDAMAN berinvestasi pada Obligasi Pemerintah Indonesia USD dengan durasi pendek dan dikategorikan berisiko menengah.
Investor memiliki risiko atas Portofolio Obligasi tersebut.
MIDO2 Reksa Dana MIDO2 berinvestasi pada Obligasi Pemerintah Indonesia Rupiah dengan durasi panjang dan dikategorikan berisiko tinggi.
Investor memiliki risiko atas Portofolio Obligasi tersebut.

 


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi – 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi – [email protected]
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *