Bond Market Commentary : November 2021

  • icon-jam3 years ago
  • icon-share
    Shares

Bond Market Commentary : November 2021

Supportive Condition

 

Tapering dari the Fed telah dimulai dan yield dari US Treasury 10-tahun bergerak antara 1,4% – 1,6% di bulan November. Kami melihat penunjukan kembali Jerome Powell sebagai gubernur the Fed menjadi indikasi bahwa kebijakan moneter kemungkinan masih sama seperti yang telah dikomunikasikan sebelumnya. The Fed masih melihat resiko dalm perekonomian yang disebabkan oleh variasi virus yang terus bermutasi dan menjadi anacaman pemulihan ekonomi. Dalam catatan dari pertemuan FOMC yang dikeluarkan terlihat bahwa the Fed siap untuk menaikan suku bunga bila inflasi berlanjut menguat. Namun, kami melihat harga minyak mulai menurun karena pemerintah US mulai menggunakan cadangan minyak agar mengurangi tekanan harga sementara itu harga batu bara jatuh setelah pemerintah China meregulasi harga.

Selain itu, harga logisitik melalui biaya kirim melalui laut sudah mulai stabil. Kami melihat tekanan inflasi global dapat mereda di akhir kuartal pertama tahun 2022. Selain dari sisi inflasi, poin penting lainnya adalah tingkat tenaga kerja. Data ekonomi US jobless claim dan tingkat pengangguran semakin membaik, hanya data non-farm payroll saja yang masih belum stabil. Kami menilihat virus varian Omicron dapat menjadi ancaman baru namun sampai saat ini keadaan secara umum masih terjaga dengan baik. Maka dari itu, mengetatkan kebijakan moneter harus dilakukan dengan hati-hati.

Sementara itu, dari pasar domestik, kami melihat yield obligasi pemerintah 10-tahun masih stabil di 6,00%-6,30% yang artinya masih dalam range yang kami harapkan. Yield dari tenor menengah ke tenor panjang menurun, sehingga menurut kami yield dari non-benchmark memungkinkna untuk ikut turun. Kami tidak melihat pergerakan yield akan berbalik arah karena investor lokal yang masih sangat supportive. Kami merekomendasikan investor untuk memiliki produk reksa dana pendapatan tetap karena yield yang ditawarkan masih lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat suku bunga perbankan dengan resiko yang terukur, terutama dari produk berdurasi pendek.

 

Rekomendasi Produk

 

PRODUK
MIDU Reksa Dana MIDU berinvestasi pada Instrumen Obligasi dengan segmen Jangka Menengah
dan dikategorikan berisiko Rendah – Menengah. Investor memiliki risiko atas Portofolio Obligasi tersebut.

 


Info lebih lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *