Global Market Commentary : April 2024

  • icon-jam13 Mei 2024
  • icon-share
    Shares

Global Market Commentary : April 2024

Changing Landscape

 

Pada bulan April 2024, pasar saham global mengalami perubahan signifikan dibandingkan dengan bulan Maret 2024. Rilis data inflasi AS memainkan peran penting dalam transformasi ini. Tingkat inflasi AS melonjak menjadi 3,5% yoy, melewati baik tingkat sebelumnya sebesar 3,2% yoy maupun konsensus pasar sebesar 3,4% yoy. Tekanan inflasi ini disebabkan oleh pasar tenaga kerja yang kuat, membuktikan ekonomi AS yang masih baik. Akibat dari data ini, ekspektasi terkait pemotongan suku bunga Federal Reserve (Fed) untuk tahun ini harus disesuaikan kembali. Awalnya diantisipasi pada pertengahan tahun, pemotongan suku bunga sekarang diperkirakan terjadi lebih lambat, menunggu konfirmasi lebih lanjut dari Fed bahwa ekonomi sudah beruba.

Tensi geopolitik di Timur Tengah juga memengaruhi pasar saham global. Eskalasi konflik antara Israel dan Iran menyebabkan kecemasan, terutama karena harga komoditas, termasuk minyak yang menyentuh USD 90 per barel. Investor khawatir akan menambah inflasi yang saat ini telah memberatkan sehingga memicu spekulasi bahwa Fed mungkin mengambil sikap hawkish. Namun, meskipun risiko geopolitik berlanjut, eskalasi Israel dan Iran untuk sementara waktu mereda.

Laporan keuangan kuartal pertama yang positif dari mayoritas perusahaan-perusahaan AS menjadi ikut menjadi penopang ekonomi yang kuat. Rekomendasi kami kepada para investor adalah tetap berinvestasi pada saham global meskipun ada volatilitas pasar. Kami memperkirakan pasar akan tetap sideways hingga data ekonomi AS melemah dan The Fed memberikan kejelasan mengenai kebijakan moneter.

 

Rekomendasi Produk

 

REKSA DANA SAHAM
MGSED A Reksa Dana MGSED berinvestasi pada Efek Ekuitas Syariah Luar Negeri di dalam Daftar Efek Syariah.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.

 


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi – 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi – [email protected]
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *