Market Buzz : Bond Flash Sale

  • icon-jam09 Juni 2022
  • icon-share
    Shares

Market Buzz : Bond Flash Sale

Yield dari INDOGB kembali bergerak ke 7,2%, menyesuaikan yield dari UST yang merangkak naik ke 3,0% setelah pasar kembali mengevaluasi proyeksi pertumbuhan global semakin turun dan inflasi yang masih tinggi. Dengan pergerakan tersebut maka spread antar yield kembali terdorong naik menjadi 420 bps dimana sebelumnya menyempit ke 400 bps (Chart 1). Rentang spread 400 – 450 bps sudah bertahan selama beberapa bulan dengan perhitungan kondisi net ekspor yang besar dan nilai tukar yang stabil. Namun kondisi tersebut belum memperhitungkan sepenuhnya perkembangan kebijakan domestik fiskal dan moneter yang berubah dalam beberapa minggu terakhir ini sehingga yield spread masih dapat kembali turun.

 

 

Pemerintah sedang merencanakan untuk memberikan subsidi energi dan listrik kepada masyarakat agar dapat mempertahankan daya beli. Dengan demikian resiko kenaikan inflasi yang terlalu tinggi dapat setidaknya mereda. Kondisi makro ekonomi domestik yang terus membaik yang memungkinkan subsidi ini dapat terlaksana. Pendapatan pemerintah cukup baik berkat dorongan dari harga komoditas yang tinggi sehingga mendapatkan pendapatan dari bea keluar yang tinggi dan penerimaan pajak yang baik seiring perbaikan ekonomi. Infasi pada bulan Mei masih naik namun dalam perubahaan yang kecil dibandingkan sebelumnya (Chart 2). Jika inflasi dan inflasi inti masih dalam rentang yang aman sesuai dengan perkiraan BI, maka ada kemungkinan suku bunga acuan 7D RRR tidak butuh bergerak terlalu banyak setidaknya sampai akhir 2022. Kondisi ini menguntungkan kelas asset pendapatan tetap karena pemerintah tidak perlu menerbitkan obligasi lebih banyak daripada yang direncananakan dan real yield masih atraktif bagi para investor dalam dan luar negeri.

 

 

Kami merekomendasikan RD Mandiri Investa Dana Utama (RD MIDU) dan RD Mandiri Investa Dana Obligasi 2 (RD MIDO2). RD MIDU berdurasi pendek sehingga beresiko lebih kecil dan mendapatkan dividen bulanan. RD MIDO2 yang berdurasi panjang dapat menjadi pilihan bila investor ingin mendiversifikasikan portofolio dari pergerakan rally di kelas aset saham.

 

PRODUK 6M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
MIDU +0,63% +0,34%
MIDO2 -1,28% -1,68%

 


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi – 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi – cs@mandiri-investasi.co.id
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *