#WMR 23 – 27 November 2020

  • icon-jam4 years ago
  • icon-share
    Shares

#WMR 23 – 27 November 2020

Highlights

 

November menjadi bulan terbaik dalam tahun 2020. Minggu terakhir dari bulan November, IHSG naik 3,8% yang menjadikan kenaikan dalam empat minggu (month to date) sebesar 12,8%. Sementara itu, yield obligasi pemerintah 10 tahun stabil di 6,2% selama seminggu. Harga brent oil naik 28,5% mtd sementara harga emas jatuh 4,7% mtd, dimana hal tersebut menandakan ekspektasi perekonomian akan membaik. Dari US, Trump memulai mempersiapkan peralihan kepresidenan US dan Joe Biden mulai menyusun kabinet yang akan datang. Biden memilih Janet Yellen, mantan Gubenur Bank Sentral US, sebagai US Treasury yang dipandang positif. Sementara itu data positif harian covid nasional kembali naik dan sering menyentuh di atas angka 4.000 kasus positif harian pada bulan November.

 

Picture of the week

 

Covid-19 Lives versus livelihoods

Sumber: Institute of New Economic Thinking, FT.com

 

Tulisan dari Institute for New Economic Thinking pada bulan ini menguatkan pemikiran bahwa untuk menyelamatkan ekonomi negara, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyelamatkan nyawa terlebih dahulu. Banyak eksperimen telah dilakukan di berbagai negara bahwa tidak ada negara yang bisa menghindari kemunduran ekonomi tanpa mengatasi penyebaran pandemi. Negara yang mampu fokus pada cara memitigasi pandemi sudah bisa membuka ekonomi dan mendapatkan pertumbuhan ekonomi.

 

Important Date

  • 1 Dec – PMI Manufacturing Indonesia, US, China, Europe
  • 1 Dec – Inflation Indonesia, US, China, Europe

 


Produk 6 Month Performance YTD Performance
Jakarta Composite Index: JCI +22,66% -8,19%
Saham
Mandiri Investa Atraktif: MITRA +31,95% -9,68%
Mandiri Investa Asean 5: ASEAN5 +28,40% -4,08%
Mandiri Global Sharia Equity Dollar: MGSED +20,37% +27,75%
Pendapatan Tetap
Mandiri Investa Dana Utama: MIDU +6,70 +7,79%
Mandiri Investa Obligasi Nasional: MINION +4,03% +10,20%
Mandiri Investa Dana Obligasi Seri II: MIDO2 +10,60% +10,45%
Investa Dana Dollar Mandiri: IDAMAN +2,81% +4,42%

DISCLAIMER

‌Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

 

 

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *