Mengatur Keuangan Untuk Newlyweds

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Mengatur Keuangan Untuk Newlyweds

Welcome to the new chapter of life! Seneng banget pasti rasanya punya KTP dengan status KAWIN. Setelah naik kelas dari pacaran jadi suami istri, pasti ada PR alias pekerjaan rumah baru. Salah satu kunci kehidupan rumah tangga yang harmonis adalah mengatur masalah keuangan.

 

Kehidupan setelah menikah itu beda banget sama pas masih pacaran. Ada tanggung jawab bersama yang harus dikomunikasikan baik-baik. Berumah tangga penuh cinta dan komitmen itu sudah pasti, tapi pastikan juga kalian mempersiapkan strategi mengatur keuangan karena uang menjadi salah satu penyebab perceraian nomer satu di Jakarta.

Nah, simak tips berikut ini untuk menghindari konflik rumah tangga kamu.

 

Pertama, belajar untuk saling terbuka terkait pendapatan (gaji atau income) dan pengeluaran (hutang dan biaya gaya hidup). Wajib banget kamu terbuka untuk semua informasi mengenai keuangan sama pasangan kamu. Coba pelan-pelan di omongin di tiga bulan pertama pernikahan. Ajak ngobrol santai sambil ngomongin cita-cita ke depan. Kalau gaji kamu lebih kecil jangan sedih justru harus lebih termotivasi. Yang gaji nya lebih besar, ikhlas ya karena rejeki itu berkah keluarga kecil kalian.

 

Setelah itu, kita bisa diskusi untuk pembagian tanggung jawab. Siapa yang akan membayar tagihan, siapa yang membayar belanja supermarket, siapa yang siapin dana investasi ataupun entertainment. Kalaupun masih tinggal sama orangtua, bisa juga kompromi untuk bantu bayarin gaji Mbak atau supir.

 

Bisa juga kalian sebagai pasangan bikin join account alias akun tabungan bersama. Setiap bulan kalian transfer sejumlah dana untuk di alokasikan ke pos-pos pengeluaran. Keuntungannya kalian bisa saling monitor via internet banking.

 

Terakhir, pada saat weekend coba ajak duduk bareng dan obrolin mimpi serta tujuan hidup. Bikin rencana dengan rumus, what we want to be in the next five years? Tentukan finansial goal kalian dengan spesifik. Kapan kalian mau punya momongan, kapan bisa mulai cicil KPR ataupun seberapa sering kalian pengen liburan.

 

Nah, selain punya tabungan bersama, kamu juga harus berinvestasi. Sisihkan sebagian penghasilan kamu setiap bulan, kamu bisa beli Reksa Dana karena imbal hasilnnya lebih besar untuk rencana jangka panjang. Kamu bisa coba mulai investasi Reksa Dana lewat aplikasi Reksa Dana online contohnya seperti Moinves.

 

Semangat untuk tetap menjalani kehidupan positif yah, pasti banyak tantangan dan godaan untuk do little fun and some shopping. Remember greater goals kalian dan semangat membangun bersama satu sama lain.

Because two is greater than one!

 

Written by

Aliyah Natasya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *