Menghadapi Pertanyaan Keluarga Saat Natal

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Menghadapi Pertanyaan Keluarga Saat Natal

Perayaan Natal yang membahagiakan bisa berubah karena pertanyaan keluarga seperti “Kapan lulus?”, “Kapan nikah?”, “Pacar mana?”, “Kerjaan gini doang?” dan semacamnya. Bosen kan diusik pertanyaan tahunan macam begitu? Daripada kesal, mari lakukan beberapa cara berikut agar Natalmu terselamatkan dan tetap mengesankan:

 

  • Buat permainan
    Pertanyaan basa basi akan muncul ketika suasana rumah sudah sepi. Nah  supaya tetap seru, buatlah permainan sederhana kemudian ajak sepupu atau anggota keluarga lainnya ikut. Misalnya boardgames, uno, two truths and one lie, dan lainnya. Bila sudah lelah, tidur atau pulanglah supaya kamu tidak ditanya macam-macam.

 

  • Mengalihkan topik pembicaraan
    Buat topik menarik sehingga keluarga tidak terpikirkan untuk bertanya hal pribadimu. Dari topik tersebut akan timbul diskusi seru sehingga kamu pun terselamatkan,misalnya rencana bepergian, prestasi pekerjaan, atau update hal-hal menarik lainnya.

 

  • Memasak
    Belanjalah beberapa bahan dan hidangkan makanan spesial khusus Natal. Ajak anggota keluarga seru-seruan masak bersama. Jika perlu, adakan saja lomba memasak kecil-kecilan, nanti pemenangnya akan mendapatkan hadiah. Setidaknya cara ini dapat membuat mereka sibuk sehingga mengurangi intensitas percakapan.

 

  • Menonton film
    Natal tentu saja banyak banget film lucu yang dapat ditonton misalnya saja Home Alone atau film box office lainnya. Nonton bareng bisa menjadi alternatif mudah untuk menghindari obrolan sensitif. Biasanya mereka tak akan terpikir untuk bertanya apabila kamu sedang fokus dengan kesenangan tertentu dan juga membiarkanmu menikmati waktu santai.

 

  • Mengubah perspektif
    Ada kalanya pertanyaan-pertanyaan menyebalkan tersebut tidak dapat terhindarkan. Kontrol emosi dan jawablah dari sudut pandang lain yang positif misalnya kalau ditanya “Pacar mana?”, bisa dijawab dengan “Doakan saja semoga segera ditemukan Tuhan”, “Kapan nikah?” bilanglah “Semoga bisa cepat terlaksana” .

 

Semoga trik diatas membantu ya. Selamat Natal, semoga berkah semakin dilimpahkan untuk kalian sekeluarga!

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *