Nggak lolos PNS, Yuk Buat Sendiri Dana Pensiunmu

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Nggak lolos PNS, Yuk Buat Sendiri Dana Pensiunmu

Makin nambah umur, otomatis kekuatan fisik dan pikiran akan berkurang. Produktivitas kita sebagai karyawan akan menurun pada usia tertentu, di titik itu juga pun kita harus siap pensiun untuk diganti oleh anak-anak yang lebih muda. Bicara tentang ini, sudah menjadi rahasia umum jika Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pekerjaan favorit sejuta umat salah satunya karena adanya jaminan pensiun.

 

Dengan kuota penerimaan PNS yang cuma sedikit banget ditambah persaingan yang gila-gilaan, lebih baik kalian bekerja sesuai potensi yang dimiliki kemudian merencanakan dana pensiun sendiri. Ada 3 program yang bisa kalian ikuti, yaitu:

 

  • BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK)

Semua perusahaan wajib banget memberikan Jaminan Hari Tua (JHT) lewat BPJS-TK sesuai undang-undang berlaku. Besarannya mencapai 5,7% dari gajimu dengan komposisi 3,7% dibayarkan perusahaan sementara 2%nya dibayar oleh karyawan. Dana ini bisa diambil saat usiamu mencapai 55 tahun atau meninggal atau cacat permanen, mengalami PHK, pergi keluar negeri serta bila kamu menjadi PNS/ anggota TNI/Polri.

 

  • Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Selain BPJS, mungkin juga ada perusahaan yang mendaftarkan karyawannya ke DPLK. Iurannya mengambil berdasarkan potongan gaji tiap bulan berdasarkan presentase tertentu kemudian dibayarkan sebagai dana pensiun. Nantinya kamu sebagai karyawan bisa memilih mau dibayarkan sekaligus atau bertahap. Misalnya nanti kamu pindah ke tempat lain, uangmu bisa diambil atau dipindah ke DPLK lainnya.

 

  • Reksa Dana Saham

Buat dana pensiunmu berkembang dengan meletakkan pada instrument Reksa Dana Saham untuk investasi jangka panjang. Potong gajimu tiap bulan misalnya minimal Rp. 500.000 khusus dana pensiun. Enaknya Reksa Dana, kamu nggak perlu nunggu hingga usia tertentu untuk mengambilnya sebab pencairannya bisa kapan saja. Nah tapi, bgitu udah mencapai umur sekitar 45 tahunan kamu mungkin bisa alihkan ke Reksa Dana Pasar Uang yang lebih rendah resikonya.

 

Yuk persiapkan mulai sekarang, jangan sampai menjadi bagian dari 5,06% pekerja yang menurut data OJK tahun 2011 berada dalam ketidakpastian karena belum memiliki dana pensiun. Tidak menjadi abdi negara, bukan berarti punya kehidupan yang tak terarah kan?

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *