Solusi Makanan Buat Yang Suka Sahur Telat

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Solusi Makanan Buat Yang Suka Sahur Telat

Telat sahur bisa dialami oleh siapa saja, entah karena terlalu capek kerja atau tidur terlalu larut. Tapi kamu tetep bisa puasa kok meskipun waktunya mepet dengan beberapa menu praktis yaitu:

 

  • Sereal

dr Inge Permadhi, SpGK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyebutkan jika sereal itu bagus untuk sahur karena terbuat dari gandum yang mengandung karbohidrat, protein dan serat untuk melengkapinya. Serat tersebut akan memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga rasa lapar pun tertunda.

 

  • Roti

Selain praktis dikonsumsi, roti punya kalori yang setara dengan nasi dengan porsi tertentu. Lebih dari itu, ia juga kaya akan protein, vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup lumayan. Tambahin juga sayur, telur rebus atau daging supaya sahurmu makin bergizi serta air putih yang cukup.

 

  • Susu

Menurut Mochamad Aldis Ruslialdi SKM CNWC, paling tidak kamu harus mengkonsumsi susu rendah lemak dan tinggi protein agar bisa menutup kekurangan gizi dari sahur meski hanya dengan segelas susu. Tapi biar lebih kenyang dan nggak batal di pertengahan puasa, lebih baik ya tambahkan buah atau sayur untuk sumber energi lain.

 

  • Oatmeal

Nggak cuma menyehatkan, tapi oatmeal bikin kamu nggak lapar lebih lama karena terdapat serat dan karbohidrat kompleks yang berenergi bagi tubuh dan otak. Lebih enak kalo ada tambahan susu, almond dan buah segar biar kuat ngejalanin puasanya.

 

  • Alpukat

Kamu yang hobi bangun menjelang imsak, siapin semangkuk alpukat di kulkas buat menghemat waktu makan sahur. Buah ini mengandung banyak serat dan lemak yang kaya akan folat, potassium dan vitamin E. Biar makin enak, mungkin kamu bisa menambahkannya dengan susu kental manis coklat atau gula agar tambah mengenyangkan.

 

Terakhir, jangan lupa banyak minum air putih ya. Sebab serat-serat diatas jika digabungkan dengan air akan mengental seperti agar atau gel yang dapat mengembang di dalam lambung. Inilah yang membuatmu kuat puasa sampai Maghrib. Ada menu praktis lainnya yang kalian punya untuk sahur? Coba share juga ya!

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *