Sudahkah Kamu Merdeka Secara Finansial?

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Sudahkah Kamu Merdeka Secara Finansial?

Indonesia memang sudah merdeka, tapi masyarakatnya kemungkinan masih banyak yang terjajah oleh sifat konsumtif sehingga masih terbelenggu dalam kondisi keuangan yang kurang stabil. Kalau kamu merasakan hal ini artinya kamu masih belum merdeka secara finansial. Kok bisa? Menurut Robert Kiyosaki, merdeka finansial itu lebih dari sekedar memiliki uang tapi juga mampu dalam mengelola penghasilan, mengelola belanja hingga mengelola aset dan utang.

 

Bila kamu belum berhasil di ketiga komponen tersebut, inilah strategi untuk strategi finansial yang lebih leluasa:

 

  • Rapikan catatan keuangan

Aktivitas ini sederhana tapi cukup menentukan hidupmu di depan. Ketahui apa prioritasmu sehingga lebih mudah untuk mengalokasikan pos pendanaan dalam anggaran. Sekarang pun dalam pencatatannya sudah bisa jauh lebih mudah dengan aplikasi misalnya Money Lover Expense Manager atau Money Control by AGBA.

 

  • Investasi

Mulai sisihkan pendapatanmu untuk berinvestasi di aset yang nilainya terus naik seperti misalnya emas, properti hingga portofolio keuangan seperti Reksa Dana baik Pasar Uang untuk jangka pendek maupun Saham untuk jangka panjang sesuai kebutuhanmu. Enaknya kalau sudah punya investasi, kamu nggak perlu lagi pusing soal dana darurat atau pensiun karena kamu bisa menikmatinya dari sini.

 

  • Memaksimalkan pendapatan

Coba cari peluang baru yang membantu menaikkan taraf hidupmu apabila penghasilanmu saat ini berat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga kamu jadi sulit menyisihkannya ke dalam investasi. Caranya ialah dengan memanfaatkan kemampuan lain yang kamu punya, berkolaborasi atau belajar ilmu baru dari orang lain supaya berpeluang menjadi pemasukan tambahan.

 

  • Asuransi sudah terjamin

Proteksi diri jadi hal penting buat mereka yang keuangannya sudah aman, biasanya mereka menggunakan asuransi untuk menjamin kesehatan, kendaraan sampai pendidikan anak. Ini perlu dipertimbangkan mengingat kamu tak akan pernah tahu bagaimana hidupmu nanti, oleh karena itu penanganan resiko sedini mungkin harus dilakukan supaya tidak terlalu berdampak pada keuanganmu.

 

Sama halnya dengan memerdekakan negara, keuangan pun butuh proses dan konsistensi untuk merdeka. Kalo semangatnya setengah, hasilnya pun akan berada di lingkaran yang sama. Jadi, mau sampai kapan dijajah biaya hidup?

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *