Waktu yang Tepat Membeli Rumah

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Waktu yang Tepat Membeli Rumah

Mendengar kata “beli rumah” rasa-rasanya sudah membuatmu pusing duluan nggak sih? Memang harga rumah yang terkadang nggak masuk akal menjadi bahan pertimbangan. Besarnya cicilan, belum lagi pemeliharaannya beserta dokumen administrasinya menjadikan rumah sebuah beban pikiran utamanya bagi kaum millenial. Tapi mau tidak mau harus dipikirkan demi masa depan apalagi bila sudah ada keinginan menikah. Sebenarnya, kapan sih enaknya beli rumah itu?

 

  • Karyawan tetap
    Status pekerjaan akan dilihat ketika kamu memutuskan membeli rumah apalagi jika ingin mengajukan cicilan. Penyebabnya, disitu akan tergambar jelas penghasilan per bulanmu sehingga lebih mudah menganggarkan cicilan bulanannya. Sedangkan kamu yang berstatus kontrak, biasanya bank belum bisa memprioritaskanmu karena dianggap belum berkapasitas dalam kondisi keuangan. Baiknya tunda dulu sampai kamu mendapatkan peluang kerja lain agar hidupmu lebih aman.

 

  • Investasi
    Kecuali kamu punya dana tunai hasil investasi, KPR sudah pasti menjadi cara utama agar rumah impian terbeli. Syaratnya adalah kamu harus menyiapkan uang muka sekitar 10% dari harga rumah dan lebih baik kamu tidak punya cicilan lain supaya permohonanmu dikabulkan. Cicilan KPR pun juga tidak boleh melebihi 1/3 bulananmu. Maka dari itu, tumbuhkanlah Reksa Dana Sahammu dari sekarang untuk persiapan masa depan.

 

  • Suku bunga turun
    Ini sering tidak dapat diprediksi karena menyesuaikan kondisi ekonomi negara. Untuk mengetahui kenaikan dan penurunannya, kamu harus menyimak jejak di tahun sebelumnya. Selain suku bunga, perhatikanlah kawasan yang kamu pilih sebab akan mempengaruhi besarnya bunga cicilan. Oleh karena itu pertimbangkan dana serta akses keluar masuk jalur tempat tinggalmu. Jangan sampai sudah membeli rumah tapi malah melelahkan secara keuangan di jalan.

 

  • Kesiapan mental
    Persoalan rumah tak cuma terhenti pada cicilan KPR saja, namun perlu dipikirkan mengenai pemeliharaannya;listrik, air, perabotan, kebersihan dan lainnya. Nah apakah kamu sudah siap dengan keribetan tersebut atau membeli rumah hanya demi gengsi semata? Jika belum siap benar, sebaiknya tinggallah di tempat yang memberimu nyaman dari sisi bulanan dan pikiran dulu. Barulah saat mentalmu siap, cicilan rumah bisa dipersiapkan.

 

Jadi kapan nih menurutmu siap punya rumah? Investasi di Reksa Dana Saham aja dulu, nanti kalau dananya sudah terkumpul bisa saja tuh tinggal tunjuk rumah.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *