Sosialisasi KIK-Dana Investasi Infrastruktur

  • icon-jam18 April 2019
  • icon-share
    Shares

Sosialisasi KIK-Dana Investasi Infrastruktur

PT Mandiri Manajemen Investasi (“Mandiri Investasi”) mengadakan sosialisasi untuk produk terbaru dan inovatif bersama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yaitu Kontrak Investasi Kolektif Dana Investasi Infrastruktur (KIK DINFRA) pada 26 Februari 2019 di Hotel Le Meriden, Jakarta. KIK DINFRA akan diluncurkan untuk solusi investasi dan alternative pembiayaan pembangunan infrastruktur Indonesia. Mandiri Investasi bertindak sebagai Manajer Investasi didukung oleh PT Mandiri Sekuritas sebagai arranger dan PT Bank Maybank Indonesia Tbk sebagai Bank Kustodian.

 

Dana Investasi Infrastruktur (DINFRA) adalah wadah berbentuk kontrak investasi kolektif yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya sebagian besar diinvestasikan pada aset infrastruktur dalam bentuk utang dan/atau ekuitas oleh Manajer Investasi, dan dapat ditawarkan melalui penawaran umum maupun penawaran tebatas. Sehingga keunggulan KIK-DINFRA dibanding produk investasi lainnya antara lain KIK-DINFRA memberikan solusi alternatif bagi investor untuk berinvestasi pada aset infrastruktur secara langsung atau tidak langsung melalui kepemilikan saham pada Perusahaan Pemilik Infrastruktur. Tidak hanya itu, KIK-DINFRA juga memberikan manfaat tambahan dalam diversifikasi portofolio pada aset infrastruktur yang belum atau sedang dalam proses pembangunan (greenfield) maupun yang telah menghasilkan pendapatan (brown-field) melalui sarana alternatif investasi yang berpotensi mengurangi volatilitas portofolio.

 

Adapun skema yang akan digunakan adalah investor menempatkan dana pada KIK DINFRA yang dikelola oleh Manajer Investasi dalam bentuk Unit Penyertaan KIK DINFRA, dana tersebut akan digunakan oleh Manajer Investasi untuk berinvestasi pada aset infrastruktur dengan membeli saham PT Jasamarga Pandaan Tol pemilik konsesi ruas jalan tol Gempol-Pandaan sepanjang 13,61 KM melalui pengambilan bagian atas penerbitan saham baru maupun dengan pembelian kepemilikan dari Jasa Marga pada PT Jasamarga Pandaan Tol.  Adapun produk ini akan dicatatkan Perdana di Bursa Efek Indonesia dalam waktu dekat.

 

Sosialisasi ini diharapkan memberikan pemahaman kepada para investor mengenai produk-produk alternative investasi Mandiri Investasi yang terus berinovasi untuk mendukung pembangunan infrastruktur Indonesia.

Written by

Abdel Jabbar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *