Lima Tips Financial Goals Untuk Masa Depan Mapan

  • icon-jam2 years ago
  • icon-share
    Shares

Lima Tips Financial Goals Untuk Masa Depan Mapan

Keinginan dan cita-cita akan financial freedom selalu jadi dambaan setiap orang. Banyak hal, terutama keinginan dan godaan yang bikin kita nggak fokus dan kadang suka bikin bingung.

 

Kadang kita nggak tau harus mulai dari mana dan goals seperti apa yang harusnya kita punya. Buat mempermudah tujuan kamu, berikut 5 tips Financial Goals yang bisa bikin kamu kuat mental dan fokus mencapai tujuan:

 

  1. Punya Asuransi Kesehatan dan Jiwa.

Ini menjadi nomer satu karena dalam hali ini asuransi penting untuk melindungi diri kamu dari resiko yang sering terjadi. Dari 365 hari dalam setahun ada masanya tiba-tiba kamu tumbang dan sakit. Jangan lupa pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan financial kamu yah.

 

  1. Mempersiapkan Emergency Funds.

Usahain minimal setiap bulan kamu menyisihkan 5% dari gaji bersih untuk dimasukkan ke dalam Emergency Funds. Bikin tabungan terpisah khusus untuk ini dari pengeluaran rutin. Why? Agar tabungan kamu nggak di utak-atik dan khusus untuk kondisi darurat saja dipakainya.

 

  1. Hidup bebas dari hutang.

Hidup sesuai kemampuan yah. Berhutang itu boleh, kalau kepepet banget dan punya itikad baik untuk melunasi. Kalau ada dana lebih, langsung cepat-cepat lunasin hutang yang udah berjalan. Jangan lupa berterima kasih atau traktir makan buat teman yang udah ikhlas minjemin kamu uang.

 

  1. Punya Investasi baik aset maupun cash.

Mulai investasi dari dana kecil dan produk investasi yang fleksibel. Seperti Reksa Dana di Moinves yang bisa kamu beli via smartphone. Kamu juga bisa lihatin perkembangannya di aplikasi. Enaknya investasi Reksa Dana, dananya bisa kamu cairkan semudah pencet tombol di monitor.

 

  1. Ekstra income dari Bisnis ataupun side job.

Coba manfaatkan skill dan hubungan pertemanan untuk membangun bisnis yang bisa dilakukan di waktu senggang. Selagi muda, kamu bisa lebih produktif jangan cuma beride tapi take action and do some good stuff. This extra income and networks will help you to build extra cash and great business deals!

 

Nah udah ada lima finansial goals tuh, kamu bisa mulai untuk pilih salah satu dan seiring berjalannya waktu semoga bisa tercapai semuanya ya!

Written by

Aliyah Natasya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *