Zero To Hero : Prinsip Reza Nurhilman Pemilik Maicih

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Zero To Hero : Prinsip Reza Nurhilman Pemilik Maicih

Bisa dibilang punya usaha sendiri sedang menjadi tren di kalangan Millenials dibanding bekerja untuk orang lain. Terlihat menyenangkan, tapi dalam menjalankannya itu perlu konsistensi tinggi supaya bisnis kamu dapat berlangsung dan bertahan lama bukan sekedar viral kemudian menghilang. Keripik Maicih menjadi contoh bahwa dengan besar di sosial media tak lantas membuat produknya meredup.

 

Kalo kalian masih inget, keripik Maicih pertama kali muncul melalui informasi di twitter. Mereka menggunakan strategi jualan mendadak di beberapa titik tertentu dengan mobil si penjual. Reza Nurhilman adalah sosok cerdas dibalik kesuksesan Maicih sejak 2010 lalu. Berkat beliau, Maicih tidak lagi sekedar keripik jalanan tapi sudah mampu menembus toko waralaba untuk bersaing dengan makanan ringan lainnya.

 

Reza terlahir dari keluarga sederhana sehingga dia tidak ingin membebani kedua orang tuanya soal kehidupan. Dari situ ia memutuskan mencoba menjual keripik singkong dengan bermain di segmentasi rasa pedas mengingat masyarakat Indonesia tertarik dengan hal tersebut. Perlahan, Reza mampu menaikkan derajat camilan tradisional menjadi produk bergengsi yang menembus pasar internasional dimana omzetnya mencapai milyaran per bulan.

 

Dalam berbisnis, Reza Nurhilman punya prinsip seperti ini:

 

  • Jangan pikirin untung rugi

Kalo memulai bisnis harus totalitas dan berani rugi. Tapi dari kerugian itu  kamu mampu belajar mana yang kurang dan harus diperbaiki. Biar bagaimanapun rugi beserta kekhawatiran lainnya itu bisa diminimalisir dengan perencanaan serta tabungan berupa investasi. Bisnismu tetap jalan, hidupmu pun tetap masih bisa berkecukupan.

 

  • Kreativitas dan Inovasi

Persaingan kuliner di Indonesia memang cukup sengit. Namun Maicih membuktikan bahwa dengan bahan makanan tradisional saja kalo kamu punya ide unik dan tidak berhenti berkreasi, maka kamu akan disukai oleh pembeli. Bila kamu sudah punya pembeli yang loyal, kamu juga harus meningkatkan kualitas, sehingga bisnismu masih memiliki eksistensi di hati masyarakat.

 

  • Personal Branding

Produkmu harus punya branding yang mudah diingat orang misalnya rasa pedas, maka Maicih adalah makanan pertama yang melintas di kepalamu. Tapi ingat, membangun branding seperti itu memang harus tekun. Selain itu bangun kepercayaan kepada konsumen supaya mereka pun merasa dekat dan aman dengan produkmu.

 

Bagi seorang Reza Nurhilman, impian adalah milik semua orang. Namun kesuksesan ialah milik mereka yang punya usaha demi mewujudkannya. Setuju nggak kamu?

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *