Global Market Commentary : Agustus 2024

  • icon-jam06 September 2024
  • icon-share
    Shares

Global Market Commentary : Agustus 2024

Victory Lap 

 

Pada Agustus 2024, pasar ekuitas global mengalami volatilitas yang signifikan, tetapi berakhir pada kestabil. Investor terkejut dengan data tenaga kerja AS dan narasi reversed carry trade. Data tenaga kerja menunjukkan hasil yang lebih lemah dari perkiraan, menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan resesi di AS. Hal ini memicu keraguan bahwa Federal Reserve mungkin terlambat dalam menurunkan suku bunga acuan, yang berpotensi memperketat perekonomian secara berlebihan. Namun, ketakutan akan resesi mereda ketika data penjualan ritel AS yang kuat dirilis, di mana hal tersebut mengembalikan kepercayaan investor terhadap penanganan ekonomi oleh The Fed. Investor kini percaya bahwa The Fed telah berhasil mengarahkan perekonomian AS menuju soft landing melalui penurunan suku bunga secara bertahap. Ketua The Fed membuat pernyataan penting bahwa waktu untuk penurunan suku bunga AS telah tiba, dengan menyebutkan bahwa risiko inflasi telah berkurang dan risiko terhadap lapangan kerja meningkat.

Sementara itu, Jepang menambah lapisan kompleksitas lain pada lanskap keuangan global dengan terus beralih dari kebijakan suku bunga negatif, sebuah proses yang dimulai pada bulan Maret. Bank of Japan menaikkan suku bunga acuan untuk mengatasi inflasi yang terus berlangsung, mendorong banyak investor yang telah meminjam dari kreditor Jepang untuk berinvestasi dalam aset mata uang asing selama beberapa dekade, untuk mengembalikan pinjaman mereka.

Terlepas dari perkembangan ini, pasar ekuitas rally karena investor menaruh kepercayaan pada penurunan suku bunga oleh The Fed pada bulan September. Indeks dolar telah menurun, didorong oleh optimisme bahwa ekonomi AS berada di jalur yang benar untuk mencapai soft landing, atau bahkan skenario “Goldilocks.”

 

Rekomendasi Produk

 

REKSA DANA SAHAM
MGSED A Reksa Dana MGSED berinvestasi pada Efek Ekuitas Syariah Luar Negeri di dalam Daftar Efek Syariah.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.
MASED A Reksa Dana MASED berinvestasi pada Efek Ekuitas Syariah Asia di dalam Daftar Efek Syariah.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.

 


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi – 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi – [email protected]
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *