Market Buzz : Likely shorter wave than previous ones.

  • icon-jam06 January 2022
  • icon-share
    Shares

Market Buzz : Likely shorter wave than previous ones.

 

 

Para scientists di Inggris akhirnya melihat tanda – tanda bahwa penyebaran Omicron sudah mulai melambat di London. Meskipun masih hati-hati namun angka pasien masuk rumah sakit mulai menurun. Seperti diketahui bahwa Inggris merupakan salah satu negara yang terkena gelombang Covid cukup parah pada bulan Desember 2021. Dapat dilihat pada chart 1 bahwa kasus di kota London mengalami kenaikan luar biasa, hal tersebut yang membuat warga takut utk melakukan aktifitas. Namun dilihat dari jumlah pasien yang sampai membutuhkan ventilator cukup rendah. Dari total pasien yang meningkat, sebanyak 60% merupakan pasien yang belum mendapatkan vaksinasi. Berbeda dari sebelumnya di akhir 2020 dimana juga terjadi kenaikan serentak baik kasus harian, pasien, dan angka kematian. Namun, kali ini angka yang melonjak hanya pada kasus harian dan tidak pada jumlah pasien dan angka kematian.

 

Hal yang sama terlihat pada US (Chart 2) dengan kenaikan yang cukup signifikan dimana mencapai 1juta kasus per hari pada awal Januari 2022, sedangkan angka kematian relatif sama seperti November 2021 di kisaran1200 (0,12%) per hari sebelum gelombang Omicron datang. Presiden US Joe Biden menyerukan kembali bahwa vaksinasi akan membantu masyarakatnya untuk melewati gelombang covid varian Omicron saat ini.

 

Kejadian di kedua negara menunjukan bahwa masyarakat saat ini sudah lebih siap menghadapi gelombang covid karena adanya vaksin yang mampu mengatasi keadaan. Untuk itu, kami melihat gelombang pandemi ini sepertinya akan lebih cepat berlalu. Bila gelombang covid varian Omicron sampai masuk ke Indonesia dan menimbulkan lonjakan tinggi, maka seharusnya keadaan tersebut bisa lebih cepat teratasi dibandingkan gelombang Delta dan varian awal sebelumnya yang pernah terjadi di Indonesia.

 

Kami merekomendasikan investor untuk masuk ke kelas aset saham baik global Reksa Dana Mandiri Global Sharia Equity Dollar (RD MGSED) maupun domestik Reksa Dana Mandiri Investa Atraktif. Awal tahun 2022 investor dapat memulai dengan optimism yang baru dan kami melihat gelombang Covid menjadi momentum untuk masuk ke reksa dana saham.

 

 

PRODUK 6M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
MGSED -3,9% -1,7%
MITRA +5,2% +1,1%

 


Info lebih lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *