#WMR 26 Juli – 30 Juli 2021

  • icon-jam02 Agustus 2021
  • icon-share
    Shares

#WMR 26 Juli – 30 Juli 2021

Highlight

 

IHSG ditutup turun ke 6.070 dari minggu sebelumnya di 6.101. Sementara yield dari INDOGB 10 tahun relatif flat di 6,3% selama seminggu. Nilai tukar Rupiah menguat banyak dalam seminggu dari yang rata – rata di atas Rp 14.500/USD minggu sebelumnya akhirnya  menyentuh Rp14.440/USD pada akhir bulan.

The Fed mempertahankan suku bunga acuan Fed Rate di 0,25%. Selain itu, the Fed menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi US sudah semakin baik, maka dari itu the Fed akan mulai membicarakan rencana pengurangan pembelian obligasi (tapering). GDP US pada kuar kedua hanya mencapai 6,5% yoy dibandingkan perkiraan pasar 8,5% yoy. Namun angka tersebut lebih tinggi dari kuartal satu di 6,3% yoy. Jika dibandingkan kuartalan, GDP US naik 1,6% qoq.

Indonesia mencatatkan Foreign Direct Investment (FDI) kuartal kedua mencapai Rp 116,8 trn atau naik sebesar 19,6% yoy, lebih tinggi dari kuartal satu di 14% yoy.

 

Picture of the week

 

 

 

GDP US 2Q21 mencatatkan +6,5% yoy, jauh lebih rendah dibandingkan ekspektasi pasar di 8,5% yoy (pic 1). Hal ini disebabkan oleh nilai investasi yang tertinggal dan inventori yang turun meskipun konsumsi terus menguat. Dengan stimulus fiskal di US yang mendekati akhir maka US menghadapai tantangan baru seperti naiknya harga  jual  karena harga bahan baku yang naik dan konsumsi yang dapat melemah, selain itu naiknya jumlah covid karena varian Delta. Banyaknya tantangan membuat bond traders terus menurunkan ekspektasi terhadapan kenaikan Fed rate. Hal tersebut terlihat pada Eurodollar yang menjadi acuan arah pergerakan suku bunga acuan yang semakin rendah (pic 2). Kami melihat hal ini akan memberikan dorongan positif bagi obligasi Indonesia.

 

Important Date

 

  • 02 AUG
    • China: Caixin PMI Manuf.
    • Indonesia: Inflation, PMI Manuf.
    • EU: PMI Manufacturing
    • US: PMI Manufacturing
  • 05  AUG
    • Indonesia: GDP growth 2Q21
  • 06  AUG
    • US: Non Farm Payrolls

 


 

PRODUK 6M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
JCI +4,4% +2,4%
Saham
MITRA 3,6% -7,5%
ASEAN5 -4,9% -7,7%
MGSED +6,6% +6,2%
Pendapatan Tetap
MIDU +2,60% +2,08%
MINION +0,56% +1,13%
MIDO2 +1,10% -0,75%
IDAMAN -0,22% 0,57%

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *