Money Market Commentary : Oktober 2021

  • icon-jam03 November 2021
  • icon-share
    Shares

Money Market Commentary : Oktober 2021

Banks as Growth Engines

Penyerapan likuiditas di pasar keuangan lambat laun mulai naik. Pertumbuhan uang beredar M2 berada pada kisaran dibawah 10% yoy selama tiga bulan terakhir (Juli – September). Pertumbuhan kredit di September naik menjadi 2,21% yoy, lebih tinggi dari 1,16% yoy di Agustus. Kuat pertumbuhan kredit didorong oleh kredit consumer melalui kredit pemilikan rumah (KPR) yang tumbuh 8,67% yoy dan kredit modal kerja melalui kredit UMKM yang pelan-pelan naik 2,97% yoy. Melihat minat masyarakat untuk mendapatkan kredit yang naik, kami berpikir BI akan terus melanjutkan usaha untuk mempermudah mendapat pinjaman untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pasca pandemic Covid-19. Dengan demikian, kami melihat ada peluang bank akan menaikan suku bunga pada kuartal kedua 2022 jika pertumbuhan kredit terus menguat. Sementara itu di obligasi pasar uang, yield sudah cukup rendah dan kami tidak ingin berada pada posisi yield kecil dalam portofolio untuk waktu yang lama. Kami lebih memilih untuk memiliki flesibilitas jika bank mulai menaikan bunga deposito.

 

Rekomendasi Produk

PRODUK
MIPU Reksa Dana MIPU berinvestasi pada Instrumen Pasar Uang dengan segmen Jangka Pendek dan dikategorikan berisiko Rendah.
Investor memiliki risiko atas Portofolio Pasar Uang tersebut.
MPUS Reksa Dana MPUS berinvestasi pada Instrumen Pasar Uang Syariah dengan segmen Jangka Pendek dan dikategorikan berisiko Rendah.
Investor memiliki risiko atas Portofolio Pasar Uang Syariah tersebut.

 


Info lebih lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *