#WMR 22 – 26 Februari 2021

  • icon-jam01 Maret 2021
  • icon-share
    Shares

#WMR 22 – 26 Februari 2021

Highlights

 

Kenaikan tipis 0,16% dalam seminggu melengkapi kenaikan pada tiga pekan sebelumnya sehingga total kenaikan IHSG pada bulan Feb21 adalah 6,47% mtd. Sementara dari kelas aset pendapatan tetap, yield obligasi pemerintah 10 tahun masih belum berubah di 6,6% seperti minggu sebelumnya. Namun dalam sepekan ini, yield mengalami gejolak yang cukup tinggi. Selain itu, dari nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar mengalami pelemahan 1,78% mtd ke level Rp 14.277/USD.
Dari data ekonomi, inflasi Uni Eropa Jan21 naik 0,9% yoy seperti yang diekspektasi, dimana hal tersebut merupakan inflasi pertama setelah mengalami deflasi dalam lima bulan. GDP growth 4Q20 Jerman menunjukan pertumbuhan -3,7% yoy atau 0,3% qoq, lebih baik dari yang diekspetasi di -3,9% yoy atau 0,1% qoq. Indonesia telah memulai vaksinasi tahap kedua kepada warga lansia dan pekerja public. Target jumlah vaksinasi adalah 38,5 juta orang yang diharapkan selasai pada Mei21. Jumlah pasien positif covid mengalami penurunan ke level dibawah 9.000 kasus per hari.

 

Picture of the week

 

Sumber: FT

 

Pasar saham US mengalami kenaikan yang cukup konsisten. Investor global kembali ke risk on mode dengan keyakinan bahwa ekonomi US akan pulih lebih cepat dari perkiraan. Keyakinan itu dilandasi oleh pertumbuhan pendapat perusahaan – perusahaan pada 4Q20 dimana realisasi lebih baik dari perkiraan para analis saham. Gambaran itu dapat dilihat pada bar chart disamping dimana lebih dari 70% perusahaan di S&P sudah memberikan laporan keuangan 4Q20. Dorongan positif ini tidak terlepas dari dukungan kebijakan fiskal dan moneter yang terus menerus dilakukan sehingga pemulihan ekonomi dapat lebih cepat terlaksana. Menurut kami saham – saham global, terutama di US akan terus menunjukan pemulihan cepatterutama pada dua kuartal pertama tahun 2021. Kami merekomendasikan investor untuk ikut dalam rally market pada saham global yang terjadi saat ini.

 

Important Date

 

  • 1 Mar – Indonesia PMI Manufacturing dan inflasi, US PMI Manufacturing, China PMI Manufacturing dan inflasi
  • 3 Mar – US data inflasi
  • 5 Mar – US the Fed Jerome Powell speech

 


 

PRODUK 6M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
JCI +16,9% +4,4%
Saham
MITRA +11,5% -0,2%
ASEAN5 +7,7% -0,3%
MGSED +11,1% +2,2%
Pendapatan Tetap
MIDU +1,86% -1,13%
MINION -3,11% -2,97%
MIDO2 +1,84% -4,60%
IDAMAN -0,64% -1,42%

 


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *