#WMR 4 – 8 April 2022

  • icon-jam2 years ago
  • icon-share
    Shares

#WMR 4 – 8 April 2022

Highlight

 

IHSG naik hampir 2% dalam sepekan menjadi 7.214 dan merupakan rekor terbaru yang pernah dicapai. Indeks LQ45 naik 1,6% dalam sepekan menjadi 1.044. Minggu depan menjadi waktu yang menarik utk diperhatikan karena perusahaan GOTO akan mulai melantai di bursa dan merupakan pimpinan pada sektor teknologi. RD MITRA naik 1,75% dalam sepekan atau 7,86% YTD dari awal tahun sampai saat ini.

Yield dari US Treasury 10 tahun mencapai 2,68% dari 2,37% minggu sebelumnya, yang artinya bergeser sebanyak 31 bps. Bila dibandingkan dengan yield dari INDOGB 10 tahun maka pergerakan relatif tidak sebanyak UST yaitu naik sebesar 3,5 bps menjadi 6,79%.

FOMC minutes telah keluar dan the Fed menyatakan akan menaikan suku bunga acuan 50 bps pada bulan Mei. Selain itu, bank sentral juga akan menarik likuiditas sebesar USD 60 bn untuk US Treasury dan USD 35 bn untuk mortgage backed securities setidaknya selama 3 bulan. Sementara Bank Sentral Australia dan India menahan suku bunga acuanya masing – masing di 0,1% dan 4%.

Indonesia mencatatkan cadangan devisa sebesar USD139,1 bn pada bulan Maret, turun dari USD 141,4 bn di bulan Februari. Indeks Keyakinan Konsumen bulan Maret sedikit turun menjadi 111 dari sebelumnya 113,1.

 

Picture of the week

 

 

Akhir – akhir ini pasar modal sering mendengar inverted yield curve di US yang artinya yield US Treasury bertenor pendek (2 tahun) melebihi yield bertenor panjang (10 tahun). Hal tersebut sering mengisyaratkan bahwa ekonomi sudah mencapai puncak dan akan kontraksi untuk waktu mendatang. Beberapa bank sudah memperhitungkan bahwa ekonomi AS akan mengalami resesi di akhir 2023. Namun pada kenyataannya kondisi tidak terjadi seketika sewaktu invested yield curve terjadi dan memerlukan waktu sampai benar – benar terjadi. Seperti grafik perubahan S&P sejak terjadi inverted yield curve, ternyata lebih banyak yang menghasilkan imbal hasil positif dibandingkan sebaliknya. Kejadian ini konsisten sampai dengan 24 bulan sejak pertama kali terjadi invesrted, sedangkan kami mengambil contoh imbal hasil 12 bulan dari beberapa kali kejadian. Demikian halnya dengan tahun 2022 dimana JCI sedang dalam trend kenaikan karena pertumbuhan ekonomi global. Kita sering melihat JCI sering koreksi bila indeks global mengalami tekanan. Menurut kami, perjalanan JCI masih bisa dipertahankan karena inverted yield curve belum tentu akan membuat indeks global terutama AS menghasilkan kinerja negatf. Kami masih terus merekomendasikan kelas aset saham teutama saham domestik menjadi pilihan investor.

 

Important Date

 

  • Mon, 11 APR CN: Inflation rate Mar22
  • Mon, 11 APR  ID: Retail sales Feb22
  • Tue, 12 APR US: Inflation rate & core inflation Mar22
  • Wed, 13 APR UK: Inflation rate & core inflation Mar22
  • Wed, 13 APR US: PPI Mar22

 


 

PRODUK 6M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
JCI +11,5% +9,5%
LQ45 +9,3% +10,5%
Saham
MITRA +7,7% +7,4%
ASEAN5 +5,8% +5,1%
MGSED -18,8% -20,1%
Pendapatan Tetap
MIDU +0,69% -0,32%
MINION -4,49% -7,11%
MIDO2 0,29% -0,95%
IDAMAN -4,56% -4,65%

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *