Equity Market Commentary : Maret 2022

  • icon-jam2 years ago
  • icon-share
    Shares

Equity Market Commentary : Maret 2022

Policy Intact (Global Equity Market)

 

Pasar global melakukan comeback pada akhir bulan, meskipun masalah utama seperti inflasi dan perang belum memudar. Namun investor global terkejut dengan dampak yang relative singkat untuk sistem keuangan global dan sejauh ini kurangnya gaung yang lebih luas. Indeks volatilitas Vix, yang biasanya sebagai proxy seberapa besar ketakutan yang ada di pasar, telah turun di bawah rata-rata jangka panjangnya, yang artinya menunjukkan penurunan kekhawatiran pasar. The Fed akhirnya menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps dan menyatakan akan ada enam kali kenaikan pada tahun ini dan tiga kali pada 2023. The Fed juga memisahkan pengumuman Quantitative Tightening menjadi pada pertemuan berikutnya, termasuk besaran penarikan likuiditas. akan ditentukan lebih lanjut pada pertemuan di bulan Mei. Keputusan The Fed atas kenaikan suku bunga berada dalam kisaran perkiraan pasar, sehingga tidak ada penyesuaian di pasar karena koreksi di pasar saham global selama 3 bulan terakhir terjadi karena penyesuaian kenaikan suku bunga acuan antara 6 hingga 7 kali.

Kami rasa kita tidak bisa menganggap remeh permasalahaan inflasi yang kuat dan efek dari perang Rusia-Ukraina, tetapi upaya untuk mengatasi masalah – masalah tersebut sedang berjalan. Inflasi mungkin masih akan meningkat hingga kuartal kedua karena tingginya permintaan barang dan harga komoditas akibat perang. Tingginya permintaan saat ini didorong oleh kuatnya lapangan kerja dan pertumbuhan upah yang tinggi yang membuktikan bahwa kasus Covid-19 telah terkendali. Sementara itu, risiko saat ini adalah harga komoditas yang lebih tinggi dapat merusak belanja konsumen dan keuntungan perusahaan, dan pada gilirannya pemulihan pascapandemi itu sendiri. Kami percaya bahwa masih ada permintaan yang cukup besar dan tabungan rumah tangga yang kuat yang dapat mendukung sumber pengeluaran.

Pada saat ini, kami mengharapkan bank sentral untuk memprioritaskan pertumbuhan, dengan melakukan normalisasi kebijakan yang bertahap karena masih terdapat resiko penurunan pasar akibat tingginya harga komoditas. Melihat semua hal tersebut, menurut kami perubahan kebijakan moneter masih akan tetap mendukung kelas aset saham pada tahun ini. Oleh karena itu, RD Mandiri Global Syariah Equity Dollar (RD MGSED) dapat menjadi salah satu pilihan dalam jangka panjang dimana kinerja reksa dananya semakin membaik belakangan ini. Investor dapat mempertahankan dan menambah posisi karena ketidakpastian mulai memudar dan valuasi saham pertumbuhan terutama valuasi saham teknologi relatif dalam kisaran normal.

 

The Rally Has Legs (Domestic Equity Market)

 

IHSG melanjutkan kinerja yang kuat pada Maret 2022. Rally bulan ini didukung oleh rally pasar global meskipun inflasi dan perang masih menjadi perhatian pasar global. Hal yang baik pada Maret 2022 adalah pengumuman kenaikan suku bunga oleh The Fed yang telah ditunggu-tunggu oleh banyak orang. The Fed akhirnya menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps dan menyatakan akan ada 6 kali kenaikan pada tahun ini dan 3 kali pada 2023. The Fed juga memisahkan pengumuman quantitative tightening pada pertemuan berikutnya, termasuk besaran penarikan likuiditas yang akan didiskusikan lebih lanjut pada pertemuan Mei. Keputusan The Fed tentang kenaikan suku bunga berada dalam kisaran perkiraan pasar, sehingga tidak ada koreksi di pasar saham karena penurunan di pasar saham global selama 3 bulan terakhir terjadi karena penyesuaian kenaikan suku bunga acuan US sebanyak 6 hingga 7 kali.

Indonesia telah mendapatkan efek positif dari tingginya harga komoditas global yang mendorong inflasi global. Secara historis, setiap kali terjadi inflasi tinggi yang disebabkan oleh ekonomi yang kuat dan permintaan barang, pasar negara berkembang seperti Indonesia selalu berkinerja baik. Pergerakan sektor komoditas menjadi pemicu bagi sektor lain untuk ikut bergerak. IHSG mencapai level di atas 7.000 untuk pertama kalinya dan rally tersebut didukung oleh faktor fundamental yang kuat. Indonesia masih dalam siklus awal pemulihan dan reopening bisnis yang lebih banyak akan mendorong pemulihan ekonomi Indonesia. Kami menilai para pembuat kebijakan masih akomodatif terhadap pertumbuhan dan proaktif dalam mendorong sektor-sektor yang terdampak parah akibat Covid-19. Kami tetap positif pada kelas aset saham domestik meskipun volatilitas tinggi mungkin terjadi lebih sering yang dipengaruhi oleh normalisasi global.

 

Rekomendasi Produk

 

PRODUK
MGSED Reksa Dana MGSED berinvestasi pada Efek Ekuitas Syariah Luar Negeri di dalam Daftar Efek Syariah.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.
MITRA Reksa Dana MITRA berinvestasi pada saham domestik mayoritas saham Big Cap.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.

 


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi – 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi – [email protected]
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *