Belajar Ngatur Duit dari Orang Jepang

  • icon-jam4 years ago
  • icon-share
    Shares

Belajar Ngatur Duit dari Orang Jepang

Belajar Ngatur Duit dari Orang Jepang

Banyak dari kita, the millenials punya masalah untuk ngatur duit. Pernah gak sih kamu ngerasain kalo gaji sendiri tuh gak pernah cukup karena ternyata kita banyak mau alias BM. Spending habit yang selalu ngikutin trend kekinian ternyata bikin tabungan terkuras bahkan sampai minus.

Konon Millenials adalah generasi yang punya problem finansial paling besar, tapi emang kamu mau seumur hidup cuma pusingin masalah duit doang? Kita bisa loh ubah pola pengeluaran kita dengan belajar untuk disiplin soal duit. Yuk kita tiru 6 habit penduduk asal Negara Doraemon ini!

 

  • Dari kecil Orang Jepang Udah Disiplin Soal Duit

Tahu gak sih kalau ternyata kebanyakan anak di Jepang sudah diajarin tentang uang oleh orang tua mereka. Jadi dari kecil mereka sudah tahu kalau semakin banyak uang yang mereka hemat, semakin tinggi juga kualitas hidup mereka di masa depan. Dari bocah mereka sudah dibiasakan untuk menyimpan ‘Otoshidama’ (hadiah berupa uang dari orangtua dan saudara) di Bank untuk mencegah mereka belanja.

 

  • Pinjem duit is a Big No!

Budaya di Jepang mengajarkan bahwa minjem duit itu hukumnya tabu. Jadi kalau mereka menginginkan sesuatu mereka harus nyari kerja sambilan bukan minta duit ke ortu. Gak heran kalau banyak dari mereka yang sudah kerja sambilan sedari sekolah menengah.

 

  • Bayar Pake Cash!

Kamu tahu gak sih kalau negara super maju ini masyarakatnya lebih memilih menggunakan cash dibanding kartu kredit ajaib loh! Menurut data Credit Card Academy, setiap penduduk Jepang rata-rata memiliki 3 kartu kredit setiap orangnya, sama aja kayak di Amerika. Tapi tetap saja si penduduk anti utang ini membayar tagihan listrik, bensin, makanan juga baju secara tunai.

 

  • Anggaran Duit Dalam Amplop

Ternyata orang Jepang loh yang nemuin inovasi ngatur budget keuangan pake amplop. Isi amplop itu adalah jatah duit yang boleh dipake selama sebulan. Hal ini ngebantu banget agar kita bisa lebih pintar untuk mengontrol duit soalnya pantang hukumnya kalau amplop sampe kosong.

Kalau kamu bisa sukses punya ekstra cash di akhir bulan, uangnya bisa buat kamu investasiin. Percaya deh kamu bakalan lebih hepi ngeliat buku tabungan kamu yang uangnya bertambah dibandingkan tagihan kartu kredit kamu yang bertambah.

 

  • Nabung Koin

Jepang memang terkenal memiliki jumlah investor bitcoin yang banyak, tapi ternyata kebanyakan dari penduduk negeri Sushi ini masih nabung sisa-sisa koin yang mereka punya. Celengan buat koin ini masih popular loh di Jepang bahkan ATM di Jepang nerima uang koin buat ditabung.

 

  • Kakeibo Alias Catatan Keuangan

Kakeibo adalah catatan keuangan tentang pemasukan dan pengeluaran. Catatan ini mengatur pengeluaran berdasarkan kategori yaitu survival, optional, culture dan extra. Dengan rajin mencatat bikin kamu lebih waspada dalam ngatur duit dan bijak buat ngeluarinnya.

 

So, udah tahu kan gimana caranya. Mulai aja dari yang paling gampang yah. Percaya deh hemat itu pangkal kaya!

 

 

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *