Kunci Atur Uang Supaya Kaya di Bulan Ramadhan

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Kunci Atur Uang Supaya Kaya di Bulan Ramadhan

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, teman-teman. Nggak ada salahnya kalo dari sekarang kita mulai siapin mental serta pengaturan keuangan khusus untuk puasa nanti. Kan sama aja kayak anggaran biasanya?

Yang perlu kamu sadari, meskipun dalam sebulan nanti kamu bakal jarang makan karena puasa, bukan berarti pengeluaranmu bakal berkurang dari biasanya. Bisa aja karena pola pengaturan yang salah malah bikin anggaranmu bengkak.

 

Nggak mau dong rugi karena keperluan-keperluan kurang penting, sementara kamu bisa jadi “orang kaya” di bulan Ramadhan ini dengan menerapkan strategi berikut:

 

  • Cermat atur anggaran belanja

Kamu bisa susun rencana keuangan berdasarkan pola kegiatanmu. Misalnya, kamu biasa menghabiskan 700 ribu dalam seminggu di hari biasa. Pas bulan puasa, kamu bisa menguranginya menjadi 500 ribu karena kebutuhan makan atau nongkrong yang berkurang. Nanti sisanya kan bisa dimasukin ke reksadana.

 

  • Ketahui Porsi Belanja Makanan

Udah pada sadar kalo harga makanan pas bulan puasa cenderung naik. Daripada impulsif beli semua bahan makanan, mendingan di daftar dulu aja dalam sebulan nanti kamu pengen makan apa pas sahur dan berbuka. Selain punya stok bahan pokok sebelum puasaan, kamu juga bisa beli bahan makanan kering seperti tempe, abon atau lainnya yang praktis dan tahan disimpan lama. Kan lumayan untuk lauk pas sahur.

 

  • Siapkan Pembayaran Zakat

Alokasi Zakat Fitrah ini baiknya menggunakan dana di bulan saat ini atau belum memasuki minggu-minggu lebaran. Segera pisahkan anggarannya daripada nanti terpakai untuk hal lainnya. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang berencana menyalurkan Zakat Maal yah. Jangan pake nunggu gaji bulan berikutnya.

 

  • Kurang-kurangi berbuka di luar

Selayaknya bulan puasa pada umumnya, ajakan ngumpul sekalian buka bareng pasti susah terelakkan. Ya nggak papa, tapi perlu diinget kalo makin sering kamu buka di luar, ya nanti pengeluaranmu jadinya sama aja kayak hari biasa hehe. Mungkin kamu bisa lebih selektif dalam memilih ajakan dan juga disesuaikan antara budget dengan tempat makan. Nggak perlu dipaksakan kalo memang nggak bisa.

 

  • Kontrol keinginan buat belanja

Tantang diri kamu buat nggak kegoda belanja di tengah bejibunnya promosi dan diskon selama bulan puasa serta lebaran. Belilah dengan bijak yang memang sesuai kebutuhan, bukan belanja karena aji mumpung. Kendalikan diri atau hati-hati tagihan kartu kreditmu jadi diluar akal sehat.

 

Jika konsisten dan berkomitmen menjalankan strategi diatas, kamu jadi berkesempatan buat ngerasain enaknya punya duit berlebih selama sebulan. Malah untung kan, karena kamu jadi bisa bergerak leluasa melakukan prioritas yang sebelumnya tertunda.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *