Kurangi Penggunaan Plastik Dengan Cara-cara Ini!

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Kurangi Penggunaan Plastik Dengan Cara-cara Ini!

Sebagai anak kekinian, kamu pasti sering lihat postingan feeds beberapa travel blogger masa kini terkait sampah pariwisata di pantai dan laut. Jika diperhatikan, ternyata masih banyak  turisyang kurang peka dan kurang peduli dengan efek yang dihasilkan dari sampah  terbengkalai.

Tentunya sampah ini mengganggu ekosistem yang ada di laut dan merusak keindahan pariwisata setempat. Lingkungan dan kesehatan adalah dua hal yang saling berkaitan. Seiring perkembangan populasi penduduk yang cepat, banyak isu terkait lingkungan dan kesehatan mulai muncul. Salah satunya adalah polusi plastik yang kian mendunia. China dan Indonesia menjadi dua penyumbang sampah plastik terbesar di Bumi.

 

Menjaga lingkungan tetap bersih merupakan bagian dari investasi kesehatan. Hal ini merupakan apresiasi untuk alam sekitar kita karena dibutuhkan lingkungan yang bersih agar kesehatan kita terjaga. Sayangnya produksi sampah melaju lebih cepat dibanding kampanye untuk mengurangi penggunaan sampah.

 

Selama lebih dari 50 tahun, jumlah sampah plastik yang berhasil di daur ulang hanya berjumlah 9% dari total 5 milliar ton sampah plastik. Sedihnya, semua sampah plastik ini lebih banyak terdampar di laut.

 

Hal ini  tidak hanya terjadi di Indonesia loh.Seperti yang diketahui, negara kita merupakan negara maritim terbesar di dunia dan memiliki wisata bahari yang luas dari Sabang sampai Merauke yang tentunya memiliki tanggung jawab lebih besar untuk melestarikan ekosistem kelautan. Namun dibalik itu, laut Indonesia sesungguhnya sedang mengalami masa kritis.

 

Tahukah teman-teman efek sampah plastik ini menjadi salah satu isu dan perhatian masyarakat global loh. Ikan-ikan di laut sudah terkontaminasi oleh partikel-partikel sampah plastik. Padahal ikan menjadi bagian dari rantai makanan manusia dan kini polusi plastik turut mengancam kesehatan manusia. Menyedihkan bukan? Maka dari itu, sebagai generasi muda kita patut berpatisipasi menanggulangi kerusakan ekosistem bahari kita.

 

Yuk  kita bersama-sama kurangi sampah plastik dengan tips-tips berikut!

 

  1. Selalu siap sedia tas kanvas lipat untuk berbelanja. Be ready to bring it everytime and everywhere.

 

  1. Siapkan tumbler/ botol minum air yang bisa digunakan untuk isi ulang air minuman kamu.

 

  1. Selalu sedia tempat makan atau lunch box untuk makanan take away. Jajan tetap boleh dong, tapi kurangi penggunaan Styrofoam ya karena bahan ini susah banget di daur ulang.

 

  1. Stop penggunaan alat makan seperti sendok plastik, garpu plastik dan juga sedotan. Biasakan bawa peralatan makan sendiri, dijamin lebih bersih dan sehat.

 

  1. Ajak teman-teman kamu untuk kampanye #saynotoplastic and we can save the world. Habit baik itu perlu di tiru dan di sosialisasikan. Isi postingan social media kamu dengan konten yang bermanfaat dan patut ditiru temen-teman kamu.

 

Tunggu apalagi, yuk jadikan Bumi kita lebih bersih sehingga kita bisa hidup lebih sehat karena kesehatan adalah investasi yang berharga.

Written by

Aliyah Natasya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *