Market Buzz : Let’s get arranged

  • icon-jam23 September 2021
  • icon-share
    Shares

Market Buzz : Let’s get arranged

The Fed akan melakukan pertemuan pada bulan ini. Tingkat tenaga kerja yang selalu menjadi sorotan sudah banyak berubah. Negara bagian yang sudah memotong benefit, tingkat penganggurannya berkurang. Sementara di negara bagian yang masih memberikan benefit, lowongan kerja banyak diisi oleh pekerja yang tidak menganggur. Saat ini bantuan pemerintah semakin berkurang sehingga kemungkinan besar tingkat tenaga kerja ikut naik.

 

Selain itu, House of Representative US menyetujui anggaran negara yang naik sampai akhir 2022. Walaupun masih harus menunggu persetujuan Senat, namun besar kemungkinan anggaran besar US akan disetujui. Dengan demikian terbuka kemungkinan besar anggaran USD 3,5 triliun dapat menjadi pendorong pembangunan. Dalam anggaran tersebut terdapat infrastructure plan yang ada di dalam American Jobs Plan (USD2,3 trn utk 8 tahun) dan family plan yang terdapat pada American Families Plan (USD 1,8 trn untuk 10 tahun) serta berbagai rencana lain yang bersifat multi years.

 

Dengan disetujuinya rancangan anggaran yang besar ini, maka terlihat jelas bahwa kebiajakan fiskal US masih akan mendorong pertumbuhan dan menjaga agar pemulihan yang sudah terjadi tidak berubah arah. Selain itu, the Fed berkali – kali menekankan bahwa mereka tidak akan memberikan kejutan kepada pasar dan sejauh ini apa yang dikatakan selalu sesuai dan dapat diterima pasar.

 

Kedua kombinasi itu membuat kita harus mempersiapkan diri kemana kita harus melangkah. Menurut kami, investor global akan bersiap untuk keluar dari US Treasury dan masuk ke equity. Yield dari US 10 year saat ini masih di kisaran 1,3% dan diperkirakan akan menuju Treasurykisaran di akhir tahun 1,8%

 

Kami cukup optimis akan kinerja RD MGSED ke depan, dimana kesempatan masih terbuka lebar. Diversikasi portofolio yang lebar membantu portofolio ini bergerak cepat meski terjadi gejolak di berbagai wilayah. Ditambah lagi, Rupiah yang cukup kuat saat ini dapat membantu total return kepada investor ke depan.

 

PRODUK 6M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
MGSED +5,9% +6,2%
ASEAN5+ -8,0% -9,0%

 


Info lebih lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *