#WMR 5 – 9 Juli 2021

  • icon-jam12 Juli 2021
  • icon-share
    Shares

#WMR 5 – 9 Juli 2021

Highlight

 

Kenaikan IHSG 16bps menjadi 6.039 bisa dilihat cukup baik mengingat Indonesia baru mulai melaksanakan PPKM Darurat Jawa Bali dan kemudian diperluas ke beberapa kota lainnya. Yield INDOGB 10 tahun mengalami penurunan sedikit 8 bps menjadi 6,55%.

Minggu lalu bank sentral China mengumumkan akan memberikan stimulus moneter baru untuk memberikan dukungan keuangan bagi ekonomi terutama UMKM. Stimulus tersebut adalah sinyal kuat bahwa perekonomian China sedang mengalami perlambatan. Inflasi China mengalami penurunan ke 1,1% pada Juni dari 1,3% di bulan Mei. Sementara dari US FOMC meeting menyatakan bahwa sejumlah peserta mengharapkan kondisi untuk mulai mengurangi laju pembelian aset akan lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Data cadangan devisa bulan Juni tercatat USD 137,1 milyar, lebih tinggi dari sebelumnya USD 136,4 milyar. Indeks Keyakinan Konsumen naik menjadi 107.4 di Juni dari sebelumnya 104,4 di Mei.

 

Picture of the week

 

 

Sumber: FT

 

Sejak bulan Mei, indeks di US mulai memasuki fase baru dimana pada saat itu pelaku pasar beranggapan bahwa US sudah mencapai puncak dari pertumbuhan, inflasi dan kebijakan stimulus. Sehingga  kedepannya mulai akan terjadi normalisasi dan kemungkinan faktor surprise in growth akan berkurang. Maka dari itu, kita melihat investor kembali memburu growth stocks dimana technology stocks naik cukup banyak (pic 1) karena dianggap sebagai sektor yang dapat menyumbangkan pertumbuhan. Jika dilihat dari perbandingan indeks, growth stocks mulai mengejar ketinggalan dari value stocks yang naik cukup signifikan sejak awal tahun ini. Investor dapat mencari pertumbuhan melalui RD MGSED yang memiliki kinerja sangat baik dalam dua bulan ini.

 

Important Date

 

  • 13 JUL
    • US: Inflation & Core Inflation
  • 15  JUL
    • China: GDP 2Q21
    • Indonesia: Balance of Trade, Export & Import
  • 16  JUL
    • Indonesia: Retail Sales

 


 

PRODUK 6M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
JCI +0,7%% +1,02%
Saham
MITRA  -13,08% -8,82%
ASEAN5 -12,40% -8,20%
MGSED +4,19% +5,78
Pendapatan Tetap
MIDU -0,22% +1,40%
MINION +1,08% +1,12%
MIDO2 -1,21% -2,32%
IDAMAN -0,34% -0,61%

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *