#WMR 5 Oktober – 9 Oktober 2020

  • icon-jam12 Oktober 2020
  • icon-share
    Shares

#WMR 5 Oktober – 9 Oktober 2020

Highlights

IHSG naik 2,5% dalam sepekan dan kembali menembus level 5,000. Undang – undang Omnibus Law yang sudah ditunggu -tunggu oleh investor akhirnya disahkan oleh pemerintah dan parlemen. Meskipun banyak demonstrasi penolakan atas undang – undang baru tersebut, namun Indonesia akhirnya memiliki sebuah undang – undang yang lengkap yang dapat menjadi landasan kuat untuk memperbaiki iklim bisnis di tanah air.

Sumber: corona.jakarta.go.id

Gubernur Jakarta juga melonggarkan PSBB penuh menjadi PSBB transisi setelah angka pasien positif COVID-19 di Jakarta melandai.

Selain dari itu, cadangan devisa Indonesia juga turun menjadi USD 1,8 miliar di bulan September, dimana Bank Indonesia menggunakannya untuk  menstabilkan nilai tukar rupiah.

Picture of the week

 

Sumber: Bloomberg, Mandiri Investasi

Peningkatan M2 sebesar 13,3% di bulan Agustus menunjukkan keseriusan pemerintah dalam melakukan kebijakan fiskal yang ekspansif. Meskipun saat ini pertumbuhan kredit masih sangat rendah di 1,04%, namun kedepannya akan kembali naik karena tingkat bunga deposito dan kredit modal kerja yang semakin menurun menjadi 5,5% dan 9,4% di September 2020. Kombinasi kebijakan fiskal dan moneter yang terarah akan mendorong ekonomi untuk kembali berjalan lebih baik.

Important Date

  • 13 Oktober – Indonesia suku bunga BI 7D RRR, inflasi US
  • 15 Oktober – Indonesia neraca dagang

 

 

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *