#WMR 9 – 13 November 2020

  • icon-jam16 November 2020
  • icon-share
    Shares

#WMR 9 – 13 November 2020

Highlights

 

JCI melanjutkan rally dengan kenaikan 2,4% di minggu lalu. Kenaikan tersebut setelah pada hari Senin Pfizer menyatakan bahwa vaksin untuk Covid-19 yang mereka kembangkan dapat mencapai tingkat kemanjuran (efficacy rate) 90% [1]. Hal tersebut tentu menumbuhkan harapan bahwa penyebaran Covid-19 akan mulai bisa diatasi. Dengan demikian, aktifitas manusia akan kembali normal sehingga pasar saham secara global naik termasuk Indonesia. Obligasi pemerintah yang minggu sebelumnya sudah turun banyak, mampu bertahan pada level 6,3%. Inflasi Amerika di bulan Oktober kembali mengalami penurunan ke 1,2% setelah sebelumnya naik ke 1,4%. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan membeli masyarakat US masih harus di support terutama melalui stimulus yang mungkin baru akan terjadi di pemerintahan baru.

 

Picture of the week

 

The Effectiveness of vaccines

Sumber: Financial Times

 

Pengumuman vaksin Covid – 19 oleh Pfizer cukup menggembirakan banyak pihak. Teknologi yang digunakan oleh Pfizer adalah mRNA yang sebenernya dikembangkan untuk terapi penyakit kanker dengan mengembangkan protein kekebalan tubuh melalui instruksi genetika. Keuntung melalui sistem mRNA ini adalah vaksin ini lebih cepat dan mudah untuk diproduksi. Pfizer belum memberikan harga untuk vaksin tersebut, namun banyak perusahaan menjual segala jenis vaksin kepada pemerintah US dengan harga USD19,50/dosis untuk 100 juta dosis penjualan.

 

Important Date

  • 16 Nov – Indonesia Business Confidence
  • 16 Nov – Indonesia Trade Balance
  • 19 Nov – BI 7D RRR

 


PRODUK 6 MONTH PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
Jakarta Composite Index: JCI +20,57% -13,31%
Pendapatan Tetap
Mandiri Investa Dana Utama: MIDU +6,79% +6,57%
Mandiri Investa Obligasi Nasional: MINION +6,54% +10,24%
Mandiri Investa Dana Obligasi Seri II: MIDO2 +11,60% +8,68%
Investa Dana Dollar Mandiri: IDAMAN +4,55% +4,27%
Saham
Mandiri Investa Atraktif: MITRA +25,15% -15,67%
Mandiri Investa Asean 5: ASEAN5 +23,77% -9,58%
Mandiri Global Sharia Equity Dollar: MGSED +23,44% +26,41%

 

DISCLAIMER

‌Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

 

 

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *