Monthly Macro Review : Transition Point

  • icon-jam1 years ago
  • icon-share
    Shares

Monthly Macro Review : Transition Point

Kuartal ketiga 2023 telah selesai dan perekonomian global berada pada titik transisi menuju pelonggaran kebijakan moneter yang telah diperketat selama ini akibat inflasi. Beberapa bank sentral negara maju menahan kenaikan suku bunga acuan dan beberapa negara berkembang justru menurunkannya. Indonesia berada pada posisi yang stabil dengan inflasi yang rendah dan nilai tukar Rupiah yang relatif kuat sepanjang tahun. Tantangan domestik sebenarnya terletak pada harga beras yang naik sehingga membuat daya beli masyarakat menurun. Respon cepat pemerintah dengan mendistribusikan beras secara gratis dan menaikan kuota impor beras patut diapresiasi. Dana pemerintah yang besar saat ini mampu meredam gejolak ekonomi menuju akhir tahun dan masa pemilu.

 

Overview

 

Perekonomian AS terganggu oleh kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) yang dapat menghambat tren penurunan inflasi saat ini. Peningkatan harga energi lebih disebabkan oleh pemotongan pasokan minyak oleh beberapa negara produsen. Dari sisi lain, The Fed mempertahankan suku bunga acuan sebesar 5,5% namun kembali menekankan kebijakan moneter “higher for longer”. Hal ini menyebabkan yield dari US Treasury dan DXY meningkat sehingga mengakibatkan pasar saham melemah. Perekonomian AS cukup baik dibandingkan dari sebelumnya yang diperkirakan terus memburuk. Oleh karena itu, narasi mengenai ekonomi yang mengalami soft-landing (resesi ringan) mulai muncul, sementara narasi ekonomi yang mengalami hard-landing (resesi yang dalam) perlahan-lahan memudar.

Indonesia berada pada posisi yang cukup baik karena mampu menekan inflasi dan mempertahankan surplus perdagangan. Meskipun demikian daya beli masyarakat mulai terindikasi melemah yang kurang lebih penyebabnya adalah naiknya harga makanan terutama dari harga beras. Kami menyakini pemerintah telah merespon cepat agar inflasi harga makanan tidak menjalar ke kelompok lain. Kami juga melihat bahwa dana pemerintah yang begitu besar mampu menjadi bantalan untuk bantuan ekonomi seperti yang terjadi pada komoditas beras pada saat ini.

 

Topic of discussion

  • Inflasi.
  • PMI Manufacturing dan Indeks Keyakinan Konsumen.
  • Neraca dagang, ekspor dan impor.
  • Data makro ekonomi.
  • Penjualan mobil dan motor.
  • Analisa kondisi makro ekonomi dan kondisi pasar modal.
  • Kesimpulan dan Rekomendasi.

Rekomendasi Produk

 

Saham

 

Saham Global

 

Index

 

Pendapatan Tetap

 

PRODUK 3M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
Saham
MICB -5,4% +0,8%
ASEAN5 -7,3% -2,3%
Saham Global
MGSED -8,5% +7,9%
Index
FTSEESG -7,8% -2,7%
XMLF -6,7%
Pendapatan Tetap
MIDU -1,80% +1,09%
IDAMAN -2,99% -2,03%

 

*Data diatas adalah data per tanggal 30 Oktober 2023

Untuk membaca hal-hal yang terjadi di bulan September 2023 yang mempengaruhi ekonomi secara makro selengkapnya disini:

 

Baca Selengkapnya

 


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi – 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi – [email protected]
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id

 


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *