Monthly Macro Review : Budget for All

  • icon-jam1 years ago
  • icon-share
    Shares

Monthly Macro Review : Budget for All

Mesin ekonomi domestik bergerak dinamis di bulan Agustus dengan beberapa pencapaian. Kebijakan fiskal dan moneter tercermin dalam nilai tukar Rupiah yang relatif stabil. Pemerintah memaparkan rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2024 yang menitikberatkan pada konsumsi masyarakat terlihat cukup pro-market terutama di tahun pemilu. Gejolak ekonomi global memang terlihat pada harga minyak yang naik sehingga mendorong inflasi kembali menggeliat di beberapa negara besar. Pemerintah memiliki anggaran yang memadai untuk meredam pergerakan harga BBM dan beras sehingga stabilitas tetap terjaga.

 

Overview

Perhatian pasar keuangan kembali fokus pada ekonomi AS sebenarnya cukup kuat sehingga The Fed kembali menyerukan sikap hawkish pada symposium tahunan di Jackson Hole. Baik data inflasi dan tenaga kerja perlahan – lahan mengikuti estimasi pasar sehingga investor cukup yakin The Fed hanya cukup sekali lagi menaikan suku bunga acuan di 2023 kemudian menahan untuk waktu yang cukup lama sebelum akhirnya menurunkannya di tengah tahun depan. Pandangan akan soft landing (resesi yang ringan) di AS semakin mengemuka, bahkan kondisi goldilocks (kondisi ekonomi yang normal dengan inflasi yang terkendali rendah dan labour market yang sehat) mulai terdengar dapat terjadi di 2024. Hal tersebut dapat dipahami karena investor perlu memiliki mesin pertumbuhan dari negara besar seperti AS. Banyak investor global kecewa dengan ekonomi China yang dianggap terlalu lambat untuk berubah karena pemerintah China sedang menyeimbangkan kemakmuran ekonomi agar tidak terjadi perbedaan yang terlalu drastis antara kelompok masyarakat kalangan atas dan bawah. Sehingga sampai saat ini tidak terlihat stimulus ekonomi yang besar dari pemerintah China dalam mendorong ekonomi yang sedang terpuruk.

Pada bulan Agustus pemerintah mendorong para eksportir untuk menempatkan dana hasil ekspor (DHE) di rekening bank domestik agar dapat ikut menjaga cadangan devisa negara. Pada awalnya kebijakan tersebut terlihat sulit, namun setelah berjalan sebulan nilai nominal mulai terlihat meningkat.

Selain itu, Bank Indonesia meluncurkan SRBI (Sekuritas Rupiah Bank Indonesia) untuk menarik aliran masuk modal asing dan optimalisasi aset SBN yang dimiliki Bank Indonesia sebagai underlying. Berkat dua kebijakan tersebut, nilai tukar Rupiah bergerak stabil.

Pemerintah telah menetapkan rancangan APBN 2024 yang menekankan pada belanja konsumsi. Anggaran tersebut dirancang untuk mencapai pertumbuhan PDB sebesar 5,2% dengan inflasi sekitar 2,8%. Defisit anggaran tahun 2024 ditetapkan sebesar 2,3% terhadap PDB sama dengan revisi defisit tahun ini sebesar 2,3%. Belanja pemerintah diproyeksikan naik 5,8% yoy menjadi Rp 3,304 triliun dan pendapatan diperkirakan tumbuh 5,5% yoy menjadi Rp2,781 triliun. Ketika siklus pertumbuhan global masih menuju momentum perlambatan, Indonesia dapat menjadi pilihan terbaik bagi investor.

Pelajar di berbagai univesitas memulai tahun ajaran baru di bulan Agustus 2023. PMI Manufacturing bertumbuh karena permintaan yang terus meningkat. Lowongan pekerjaan cukup terbuka lebar sehingga ikut menambah keyakinan masyarakat terhadap perekonomian domestik.

 

Topic of discussion

 

  • Inflasi.
  • PMI Manufacturing dan Indeks Keyakinan Konsumen.
  • Neraca dagang, ekspor dan impor.
  • Data makro ekonomi.
  • Penjualan mobil dan motor.
  • Analisa kondisi makro ekonomi dan kondisi pasar modal.
  • Kesimpulan dan Rekomendasi.

 

Rekomendasi Produk

 

Saham

Saham Global

Index

Pendapatan Tetap

PRODUK 3M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
Saham
MICB +2.6% +7.4%
ASEAN5 +0.7% +4.9%
Saham Global
MGSED -3.7% +12.2%
Index
FTSE +1.2% +4.7%
XMLF +2.6%
Pendapatan Tetap
MIDU -0.33% +2.32%
IDAMAN -1.87% -0.96%

*Data diatas adalah data per tanggal 25 September 2023

 

Untuk membaca hal-hal yang terjadi di bulan Agustus 2023 yang mempengaruhi ekonomi secara makro selengkapnya disini:

Baca Selengkapnya

 


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi – 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi – [email protected]
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id

 


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *