#WMR 5 – 9 April 2021

  • icon-jam12 April 2021
  • icon-share
    Shares

#WMR 5 – 9 April 2021

Highlights

 

Memasuki awal bulan April, IHSG kembali tumbuh hampir 1% dalam seminggu. Penguatan IHSG terjadi mengikuti pergerakan saham global yang berkinerja cukup baik. Salah satu penyebab utama menguatnya saham adalah meredanya sell – off yang terjadi pada US treasury. Dengan meredanya tekanan jual pada US treasury, INDOGB langsung berkinerja baik dengan terjadi penurunan yield sebesar 30 bps selama sepekan menjadi 6,45%. Penurunan tersebut sudah dinantikan mengingat INDOGB menawarkan yield yang cukup kompetitif dalam kelas aset fixed income.

 

Cadangan devisa Indonesia pada bulan Maret hanya turun USD 1.7 milyar menjadi USD 137 milyar. Penurunan tersebut wajar dalam upaya mempertahankan Rupiah sehingga mampu bertahan pada rata – rata Rp 14,400 selama bulan Maret. Indeks Keyakinan Konsumen Indonesia pada Maret lompat ke 93,4 dari 85,8 di bulan sebelumnya. Kenaikan tersebut didorong oleh kemajuan vaksinansi yang berjalan cukup baik.

 

Picture of the week

 

 

Sumber: Our World in Data

 

Pemerintah telah memulai vaksinasi di Indonesia sejak bulan Januari 2021. Progres yang baik meskipun tidak mudah karena dilaksanakan serentak di berbagai propinsi dan kota. Bila kita melihat kecepatan pemerintah dalam mendistribusikan vaksin sudah cukup baik, terutama terlihat pada persentase penduduk yang sudah menerima dosis pertama dimana Indonesia mencapai 3,6%, angka tersebut tentu lebih rendah dibandingkan dengan persentase dunia yang mencapai 5,5%. Namun, bila dibandingkan dengan negara Asia dan negara tetangga, Indonesia masih lebih baik. Sementara negara – negara maju memiliki persentase yang lebih tinggi dimana hampir sebagian besar vaksin berasal dari negara – negara tersebut. Kami berpandangan bahwa Indonesia masih akan terus mendapatkan vaksin dari berbagai produsen meskipun ada halangan dalam memenuhi pasokan yang besar. Proses vaksinasi di berbagai kota berjalan cukup tertib dan rapi.

 

Important Date

 

  • 13 Apr – Inflasi Maret US
  • 15 Apr – Neraca dagang, nilai ekspor dan impor Indonesia
  • 16 Apr – Pertumbuhan GDP 1Q21 China

 


 

PRODUK 6M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
JCI +20,1% +1,5%
Saham
MITRA +17,6% -2,6%
ASEAN5 +11,1% -3,7%
MGSED +9,3% +3,1%
Pendapatan Tetap
MIDU +3,42% -0,19%
MINION -0,46% -0,13%
MIDO2 +3,76% -3,21%
IDAMAN -0,73% -1,29%

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *