Melihat Prospek Bisnis Coworking Space di Indonesia

  • icon-jam1 years ago
  • icon-share
    Shares

Melihat Prospek Bisnis Coworking Space di Indonesia

Tingginya minat penyewaan kantor membuat peluang bisnis coworking space berpotensi tinggi sebagai solusi alternatif untuk pebisnis pemula atau start up berbiaya terjangkau dibanding ruang kantor pribadi. Ruang kerja ini umumnya menawarkan fasilitas perkantoran lengkap serta pengelola administrasi kantor. Gatot Hendraputra, Ketua Panitia Temu Coworking Indonesia yang diadakan tahun 2018 mengatakan bahwa bisnis coworking space  tak hanya mengalami pertumbuhan pesat di kota besar atau ibu kota provinsi, namun juga tumbuh di kota kecil.

 

Seberapa banyak sih Coworking Space di Indonesia sekarang? Kalian yang investasi Reksa Dananya sudah mulai menunjukkan hasil, mungkin bisa mencoba coworking space karena menurut data dari Faye Alund, Perkumpulan Coworking Indonesia meski telah bertumbuh sebesar 640% dibanding tahun lalu, penyebarannya belum juga merata yaitu 50% di Jakarta sedangkan 80% di Jawa – Bali.

 

Investasi bisnis ini cukup menggiurkan dengan menargetkan pangsa start up, pekerja seni atau freelance. Konsultan properti dan Bank Indonesia pun mengakui bahwa coworking space tengah diperhitungkan sebagai entitas baru dalam industri properti sehingga dapat dijadikan salah satu hasil dari investasi jangka panjang. Apa yang membuat ruang kerja bersama ini menarik?

 

  • Hemat biaya operasional
    Karena digunakan bersama, maka pengeluaran untuk listrik, internet atau konsumsi bisa hemat sebab biasanya sudah disediakan pengelola atau pembayaran, jadi dari sisi kamu sebagai penyewa lebih ringan.
  • Mendapat inspirasi
    Bagi pekerja lepas atau mereka yang punya fleksibilitas kerja, coworking space membantu memperoleh ide sekaligus memberi kita ruang koneksi dan kolaborasi bersama pekerja lain. Siapa tahu kamu mendapat proyek baru kan?
  • Konsentrasi kerja
    Bekerja di rumah biasanya mengurangi konsentrasi lantaran bisa terhalang beberapa urusan pribadi sehingga mengganggu pekerjaan. Sementara coffee shop kadang tak nyaman sebab terlalu ramai. Makanya, coworking space mampu membantumu meningkatkan efisiensi waktu serta produktivitas kerja.
  • Ruang kantor eksekutif
    Maksudnya adalah kamu bisa menyewa ruangan yang diperlukan untuk membuat kantor berharga lebih terjangkau. Hanya saja kamar mandi dan dapur tetap harus berbagi dengan pengguna ruangan yang lain.

 

Kerja di tempat tersebut kayaknya seru yah! Tertarik melebarkan investasi ke coworking space gak?

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *