Teknologi Pendukung Bagi Bisnis UKM

  • icon-jam1 years ago
  • icon-share
    Shares

Teknologi Pendukung Bagi Bisnis UKM

Kesuksesan usaha kecil selain ditentukan oleh produk dan pemasaran, ia harus ditunjang dengan kemampuan adaptasi serta perubahan teknologi agar kinerja bisnis lebih tepat guna. Berikut adalah teknologi yang dapat digunakan oleh kamu yang mungkin memiliki Usaha Kecil Menengah untuk mempermudah keberlangsungan bisnis:

 

  • Business intelligence applications
    Big data berfungsi untuk memutuskan strategi penjualan ataupun mengenal konsumen dari usaha tersebut. Dari profil dan demografi pelanggan, pelaku bisnis bisa menciptakan inovasi yang berelasi dengan pembelinya. Big data juga merupakan salah satu investasi jangka panjang, misalnya saat pemakaian perangkat analitik yang cukup mahal namun manfaatnya bagi pebisnis pun cukup signifikan.

 

  • Tablet computers
    Jumlah pengguna tablet computers semakin meningkat seiring perubahan perilaku konsumen baik di pekerjaan maupun kegiatan harian yang menginginkan perangkat praktis namun tetap fungsional. Bagi pebisnis kecil, alat ini mampu memudahkan pembayaran, rekapitulasi keuangan hingga presentasi produk. Namun keputusan akhir tetap di kamu apakah memerlukan alat ini atau sebaliknya. Gunakan yang dibutuhkan saja.

 

  • Video-enabled collaboration applications
    Mengaplikasikan video conference ketika rapat bersama investor atau pemangku kepentingan lain akan menghemat waktumu, apalagi jika kalian berada di kota atau zona waktu berbeda. Atau kamu bisa menggunakan conference call apabila tak membutuhkan tatap muka. Namun intinya mengandalkan teknologi akan membuat hidup lebih mudah dan usaha terkontrol baik.

 

  • Social media marketing tools
    Penggunaan sosial media pada era digital sudah masuk dalam setiap strategi usaha pada umumnya. Fungsinya selain untuk mendapat perhatian konsumen, servis pada jaringan sosial memudahkan pemilik memonitor isu, sentimen sampai perilaku target marketnya. Dari sosial media kamu jadi tahu bagaimana performa produk di kalangan konsumen lewat opini yang mereka katakan. Data itulah yang akan menentukan bagaimana strategi penjualan berikutnya.

 

Selain teknologi, jumlah investasi juga mempengaruhi perkembangan usahamu. Oleh karena itu tetap konsisten menyisihkan uang khusus Reksa Dana saham ya agar kehidupan keuanganmu tetap terjamin baik kondisi normal maupun darurat.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *