Menentukan Tujuan Hidup Ala Maxwell

  • icon-jam03 Januari 2019
  • icon-share
    Shares

Menentukan Tujuan Hidup Ala Maxwell

Untuk mencapai segala tujuan dalam hidup memang tidak mudah. Setidaknya, kita perlu memiliki strategi dan rencana yang tepat dan konsisten dalam usaha mewujudkan hal-hal tersebut. Kamu bisa menggunakan cara ROADMAP milik John C. Maxwell untuk mengatur tujuan hidup. Ini ulasannya.

  • Recognize Your Dreams
    Milikilah mimpi setinggi mungkin dan kenali mimpi-mimpi tersebut barulah kamu bisa mengetahui cara yang mungkin bisa dilakukan untuk menggapainya. Semua tujuan hidup berawal dari mimpi, jadi kalau kamu sendiri masih bingung apa mimpi kamu dan bagaimana cara mewujudkannya, maka akan sulit rasanya mencapai keinginan kamu itu.
  • Observe Your Starting Place
    Setelah mengetahui apa mimpi kamu dan cara-cara yang mungkin bisa mewujudkannya, cari tahu dari mana kamu bisa memulai. Ibarat bepergian, jika kamu sudah mengetahui tempat tujuanmu, kamu perlu tahu juga dari mana kamu harus berangkat, kan?

  • Articulate a Statement of Purpose
    Selanjutnya yang kamu butuhkan adalah motivasi dari diri kamu sendiri. Cara yang dianjurkan oleh John C. Maxwell adalah dengan menulis kalimat yang merefleksikan setiap mimpi kamu. Kalimat-kalimat tersebut akan berfungsi menjadi kalimat yang akan menginspirasi dan memotivasi kamu dalam menggapai tujuan hidup.
  • Define Your Goals
    Tetapkan mimpi-mimpi yang kamu punya. Benar memang kita dapat mimpi setinggi mungkin, tapi pastikan mimpi-mimpi tersebut bisa kita kendalikan. Panduan sederhana dari John C. Maxwell tentang mimpi yaitu: Tertulis, Pribadi, Spesifik, Dapat dicapai dan Terukur dengan waktu.
  • Move Into Action
    Jika kamu sudah mengetahui dengan jelas segala mimpi dan cara untuk mencapainya, maka lakukanlah. Banyak orang yang telah memahami betul mimpi mereka namun, tetap tidak berhasil mencapainya hanya karena mereka tidak cukup berani untuk bertindak. Jangan jadi seperti itu ya.

  • Adjust Your Plans
    Setelah bertindak, cari tahu cara-cara apa yang berhasil, tepat, kurang tepat atau bahkan gagal untuk membantu kamu mencapai tujuan. Sesuaikan, kaji kembali dan carilah cara baru jika perlu.

Poin terakhir ialah Point to Success and Celebrate. Rayakan setiap keberhasilan yang kamu raih, apresiasi dirimu atas semua kerja keras yang kamu lakukan, misalnya bepergian untuk mencari pengalaman baru yang lebih mengisi hidup. Dari sekian banyak tujuan, jangan lupa meletakkan investasi sebagai prioritas agar masa depan hidup kamu semakin terencana.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *