Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Bekas

  • icon-jam30 Januari 2019
  • icon-share
    Shares

Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Bekas

Punya budget minimalis bukan berarti nggak bisa beli rumah, tapi kamu bisa coba untuk mencari alternatif rumah bekas yang harganya jauh lebih terjangkau. Hanya saja, ketika bernegosiasi kamu mungkin perlu memperhatikan hal-hal berikut karena biasanya agar rumah cepat laku, mereka menutupi kenyataan yang membuatmu bisa rugi, seperti:

 

  • Air
    Ajaklah orang yang paham dengan detail rumah seperti bangunan hingga saluran air. Penting lho sebab bila hunian tersebut punya kebocoran dan saluran mampet, tentu kamu yang pusing. Pemilik rumah pun biasanya juga bisa mengatakan bahwa kawasannya bebas banjir. Nah itu kamu perlu cek ulang supaya lebih aman saat menjalani hidup di sana.

 

  • Lingkungan
    Berada dalam lingkungan rumah yang sehat akan membuatmu tumbuh menjadi pribadi positif, kalau kanan kirimu lebih banyak bergunjing maka tentu akan mempengaruhi kualitas hidupmu. Maka dari itu sebelum memutuskan membeli rumah, amati kebiasaan sekitar hingga keamanannya. Pemilik rumah tentu saja akan berkata segala sesuatunya baik padahal bisa jadi faktanya berbeda.

 

  • Rekam Jejak Pemilik
    Cari tahu secara lengkap profil pemilik rumah atau sejarah dari rumah tersebut. Bandingkan pula dari sisi harga, bangunan, lama berdiri dan lain-lainnya. Ini guna berjaga-jaga agar kamu tak bermasalah ketika sudah berdiam diri di situ. Misalnya ternyata rumah tersebut adalah bekas seorang koruptor atau kriminal lainnya atau ternyata tanah tempat rumah berdiri ialah tanah sengketa. Alih-alih ingin bahagia, hidupmu malah runyam.

 

  • Hama
    Teliti sudut rumah dan pekarangan demi memastikan bahwa rumah tersebut bebas atau minim hama seperti rayap, tikus, nyamuk dan kecoa. Wajar jika pemilik rumah berpotensi bohong sebab hama seperti ini agak sulit diusir atau butuh usaha yang lebih keras dalam pembersihannya. Tapi kamu juga bisa memikirkan solusi bersama apabila sudah cocok dan ingin tinggal disitu.

 

Bagi kamu yang tetap ingin punya rumah baru, coba tingkatkan investasi Reksa Dana Saham kamu sehingga kamu punya simpanan cukup sebelum mengajukan Mandiri KPR Millenial tahun depan.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *