Tren Investasi Saham atau Obligasi?

  • icon-jam31 Januari 2019
  • icon-share
    Shares

Tren Investasi Saham atau Obligasi?

Bicara instrumen investasi, tahun 2019 ini menganggap bahwa Pasar Modal atau saham dan obligasi masih menjadi pilihan menarik bagi investor. Ini didukung oleh pertumbuhan ekonomi nasional yang meningkat. Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta mengatakan bahwa ini diiringi oleh meredanya ketegangan Amerika Serikat dan Cina dalam perang dagang sehingga iklim terhadap dua investasi tersebut kondusif.

 

Sementara dari sisi eksternal, Bank Sentral mengurangi rencana kenaikan suku bunga sehingga menjadikan investasi saham dan obligasi pun berpotensi tumbuh secara positif. Tapi sebenarnya diantara kedua instrumen ini, lebih baik manakah? Jika kamu punya rencana investasi jangka panjang, Reksa Dana Saham sudah pasti menjadi pilihan yang tepat sebab Reksa Dana saham menempatkan sedikitnya 80% dari keseluruhan investasi pada saham yang terdaftar. Jenis instrumen investasi ini dikenal sangat fluktuatif dan bisa memberikan keuntungan yang cukup tinggi yaitu 12-15% per tahun tapi dengan resiko yang cukup tinggi juga.

 

Sedangkan obligasi berisi kontrak antara investor yang meminjam sejumlah uang kepada perusahaan, investasi ini bisa dibilang khusus untuk kalian yang sudah mapan secara finansial sehingga kamu dapat mengalokasikan investasi ke instrumen yang lebih besar. Keuntungannya memang tingkat bunganya bersifat konsisten serta dapat melindungi resiko pemegang obligasi dari kemungkinan terjadinya inflasi. Hanya saja perlu dipahami bahwa tingkat likuiditasnya cukup rendah dibanding Reksa Dana saham.

 

Nah apabila kamu masih dalam tahap mempertajam simpanan, sebaiknya pilih Reksa Dana Saham apalagi saat usiamu masih produktif. Timbal baliknya pun lumayan banget buat kamu nyicil rencana nikah atau ingin punya apartemen maupun rumah asalkan konsisten menyisihkan tiap bulannya. Kalau bukan sekarang, mau nunggu kapan lagi?

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *