Tips Mengurangi Pajak Secara Legal

  • icon-jam2 years ago
  • icon-share
    Shares

Tips Mengurangi Pajak Secara Legal

Warga taat hukum harus bayar pajak agar tetap dapat menikmati sekaligus membantu negara meningkatkan kualitas fasilitasnya. Makanya, mau protes pajak naik dan semacamnya tetep aja itu mesti dibayar. Ngeselin? Ada cara supaya beban pajakmu berkurang dengan cara yang legal. Berikut strateginya:

 

  • Tingkatkan uang pensiun

Besarnya dana tiap bulan yang kamu sisihkan baik di tabungan wajib yang telah disediakan perusahaan atau tabungan pensiun pribadi akan mengurangi beban pajak. Makin banyak jumlahnya, makin kecil penghasilanmu terkena pajak.

 

  • Membayar Zakat

Tidak perlu menunggu bulan Ramadhan untuk menyerahkan zakat. Melalui badan pengelola zakat, kamu bisa membayarkan guna mendukung efisiensi beban pajak penghasilan (PPh). Langkahnya cantumkan jumlah zakat yang sudah kamu bayarkan di kolom penghasilan bruto serta lampirkan bukti setor pajak di laporan pajak tahunanmu.

 

  • Investasi ke produk berpajak rendah

Bukan hanya buat masa depan aman, tapi investasi juga mampu memperkecil pajak. Satu-satunya investasi yang tidak dikenakan pajak penghasilan (PPh) ialah Reksa Dana karena investasi ini merupakan produk yang menghimpun dana dari masyarakat. Dengan memiliki Reksa Dana, kamu sudah untung dan nggak perlu kepotong pajak. Enak banget kan?

 

  • Distribusi pajak ke orang lain

Ini berlaku dalam membantumu mengurangi pajak progresif pada kendaraan bermotor. Misalnya kamu ingin menambah jumlah mobil pribadi, pajak yang harus dibayarkan biasanya akan lebih tinggi dibanding mobil pertama. Pakai nama keluarga lain misalnya adik atau kakak untuk identitas di kendaraan barumu supaya kamu masih bisa bayar pajak dengan angka terendah.

 

 

Terakhir, meskipun sepele tapi lebih baik setiap kamu gajian jangan lupa minta bukti potong pajak untuk membantumu terhindar dari pembayaran pajak dobel. Namun, tetaplah bayar pajak sesuai jumlah seharusnya agar tak terkena masalah di kemudian hari ya.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *