Bond Market Commentary : October 2022

  • icon-jam11 November 2022
  • icon-share
    Shares

Bond Market Commentary : October 2022

Half Way Through

 

Yield dari US 10-year Treasury melonjak hingga mencapai 4,2% pada Oktober 2022 karena data lapangan kerja di pasar AS masih kuat dan inflasi relatif tinggi. Oleh karena itu The Fed menambah lagi 75 bps pada suku bunga acuannya, FFR, yang menjadi 3,25%. Kondisi tersebut memaksa negara-negara lain untuk menyesuaikan suku bunga acuannya lebih tinggi untuk menjaga daya tarik mata uangnya, termasuk Indonesia. Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan BI 7DRRR sebesar 50 bps dan mencapai 4,75% pada Oktober 2022. Hal ini merupakan salah satu cara BI untuk menjaga daya tarik aset Rupiah dengan menjaga rate spread antara US FFR dan BI 7D RRR. Yield dari INDOGB 10- tahun mencapai 7,6% pada Oktober 2022 menghasilkan selisih yang menipis berkisar antara 340 – 400 bps dengan yield dari US 10-year Treasury.

Narasi pasar global berubah mengharapkan kenaikan suku bunga Fed rate pada perubahan yang lebih kecil. Jika puncak FFR yang diekspektasi adalah 4,5% dan yield dari US 10-year Treasury telah mencapai 4,2%, menurut kami pergerakan imbal hasil obligasi yang lebih tinggi semakin terbatas. Dengan kondisi tersebut, investor mulai dapat membangun posisi dalam dana obligasi baik Reksa Dana Obligasi berdenominasi USD ataupun Rupiah. Saat ini, yield curve dari INDOGB Rupiah masih akan membentuk bearish flattening sementara yield curve dari INDOGB USD dapat bergeser paralel ke bawah. Target yield dari INDOGB kami pada akhir tahun 2022 adalah pada kisaran 7,00% – 7,50%.

 

Rekomendasi Produk

 

PRODUK
MIDU Reksa Dana MIDU berinvestasi pada Instrumen Obligasi dengan segmen Jangka Menengah dan dikategorikan berisiko rendah – menengah.
Investor memiliki risiko atas Portofolio Obligasi tersebut.
IDAMAN Reksa Dana IDAMAN berinvestasi pada Obligasi Pemerintah Indonesia USD dengan durasi pendek dan dikategorikan berisiko menengah.
Investor memiliki risiko atas Portofolio Obligasi tersebut.
MIDO2 Reksa Dana MIDO2 berinvestasi pada Obligasi Pemerintah Indonesia Rupiah dengan durasi panjang dan dikategorikan berisiko tinggi.
Investor memiliki risiko atas Portofolio Obligasi tersebut.

 


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi – 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi – cs@mandiri-investasi.co.id
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id

 


 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *