Equity Market Commentary : Desember 2023

  • icon-jam04 Januari 2024
  • icon-share
    Shares

Equity Market Commentary : Desember 2023

Winner (Global Equity Market)

 

Portfolio global berakhir positif di tahun 2023 dan pemenangnya adalah investor yang bertahan di pasar. Perjalanan 2023 bergelombang karena banyaknya pembicaraan negatif (noice) dan kekhawatiran sepanjang tahun. Jika kita mengingat kembali pada akhir tahun 2022, sebagian besar ekonom memperkirakan Federal Reserve AS akan menghabiskan tahun 2023 menghadapi resesi sambil berjuang melawan gelombang inflasi terbesar dalam satu generasi. Namun sebaliknya, Amerika di 2023 justru mencapai pertumbuhan terkuat di antara negara-negara besar lainnya, angka pengangguran mendekati rekor terendah, dan tekanan harga mulai menunjukkan tanda-tanda mulai kembali ke target bank sentral sebesar 2%. Pada pertemuan penetapan suku bunga terakhir di bulan Desember 2023, The Fed merilis data terbaru yang menunjukkan bahwa para pejabat the Fed memperkirakan bank sentral akan memangkas suku bunga acuan Federal Fund sebesar 75 basis poin dalam 12 bulan mendatang dari level tertinggi saat ini dalam 22 tahun di antara 5,25%. dan 5,5%. Perkiraan dari FOMC meeting adalah keyakinan bahwa perekonomian AS akan mencapai titik lemah (soft landing), dengan inflasi kembali ke target The Fed, pertumbuhan hanya sedikit melambat dan tingkat pengangguran masih cukup rendah.

Melihat kondisi perekonomian AS, kami berpendapat tahun 2024 tidak akan terlalu beresiko bagi investor. Akan ada masa yang penuh tantangan karena ekonomi AS mungkin akan menghadapi perlambatan pada kuartal kedua tahun 2024 sebelum penurunan suku bunga The Fed pada semester kedua tahun 2024. Namun, secara keseluruhan, kami berharap dapat memperoleh hasil positif pada portofolio global. Kami melihat negara-negara maju lainnya kemungkinan akan menghadapi kondisi yang sama seperti ekonomi AS. Sementara itu, negara-negara emerging market kemungkinan besar akan mendapat manfaat dari pelonggaran kebijakan moneter bank sentral negara-negara maju.

 

Catch Up (Domestic Equity Market)

 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menutup tahun 2023 dengan return positif sebesar 6,2% yoy. Perkembangan pasar saham sepanjang tahun 2023 cukup menantang dan sedikit di bawah ekspektasi kami. Menurut kami hal ini disebabkan oleh banyaknya diskusi negative (noise) dan kekhawatiran sepanjang tahun, terutama dari perekonomian global. Pada akhir tahun 2022, sebagian besar ekonom memperkirakan Federal Reserve AS akan menghabiskan tahun 2023 menghadapi resesi sambil berjuang melawan gelombang inflasi terbesar dalam satu generasi. Namun sebaliknya, Amerika justru mencapai pertumbuhan terkuat di antara negara-negara besar lainnya, angka pengangguran mendekati rekor terendah, dan tekanan harga mulai menunjukkan tanda-tanda mulai kembali ke target bank sentral sebesar 2 persen. Pada pertemuan penetapan suku bunga terbaru, The Fed merilis data terbaru yang menunjukkan bahwa para pejabat memperkirakan bank sentral akan memangkas suku bunga acuan federal fund sebesar 75 basis poin dalam 12 bulan mendatang dari level tertinggi dalam 22 tahun saat ini di antara 5,25%. dan 5,5%. Perkiraan dari FOMC meeting adalah keyakinan bahwa perekonomian AS akan mencapai titik lemah (soft landing), dengan inflasi kembali ke target The Fed, pertumbuhan hanya sedikit melambat dan tingkat pengangguran masih cukup rendah.

Investor global mempunyai insentif yang lebih kecil untuk mengambil lebih banyak risiko dalam berinvestasi di pasar domestik dan lebih memilih bertahan di pasar uang yang dapat memberikan imbal hasil tinggi karena tingginya suku bunga acuan. Pasar saham domestik dapat berkinerja lebih baik jika investor asing lebih banyak berinvestasi di pasar saham Indonesia karena kondisi perekonomian Indonesia merupakan salah satu yang terkuat di dunia. Kondisi ekonomi yang kuat dapat berlanjut hingga tahun 2024 karena aktivitas pemilu, belanja modal perusahaan (capex cycle), dan pelonggaran kebijakan moneter global. Kami melihat beberapa sektor seperti perbankan, ritel dan konsumen memiliki kinerja yang baik di tengah masa kampanye politik. Sementara itu, kemungkinan penurunan suku bunga juga akan berimbas positif pada sector yang terkait dengan suku bunga seperti perbankan dan properti di semester kedua 2024.

 

Rekomendasi Produk

 

PRODUK
MGSED A Reksa Dana MGSED berinvestasi pada Efek Ekuitas Syariah Luar Negeri di dalam Daftar Efek Syariah.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.
MITRA A Reksa Dana MITRA berinvestasi pada saham domestik mayoritas saham Big Cap.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.
MICB A Reksa Dana Mandiri Investa Cerdas Bangsa berinvestasi mayoritas pada saham yang termasuk dalam indeks LQ45.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.
FTSEESG A Reksa Dana Indeks FTSEESG berinvestasi mayoritas pada saham yang terdapat di dalam Indeks FTSE Indonesia ESG.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.
XMLF Reksa Dana ETF Mandiri ETF LQ45 berinvestasi pada saham-saham blue chip yang terdapat di dalam Indeks LQ45.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.

 


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi – 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi – [email protected]
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *