Gambar Artikel WMR, Market Macro, etc (1000x605px) (11)

Article

Monthly Macro Review : Smooth Politic Event

  • icon-jam25 Maret 2024
  • icon-share
    Shares

Monthly Macro Review : Smooth Politic Event

Pada bulan Februari 2024 masyarakat Indonesia melaksanakan Pemilihan Umum 2024. Pelaksanaan Pemilu kali ini berjalan lancar dan aman. Besar kemungkinan Pemilu hanya berlangsung satu putaran sehingga masyarakat dan pelaku pasar tidak perlu terlalu khawatir dan menunggu terlalu lama untuk melanjutkan kegiatan usahanya seperti semula. Memang terdapat sedikit tantangan dari naiknya harga pangan terutama harga beras karena masalah logistik. Namun hal tersebut cepat teratasi oleh pemerintah dan datangnya musim panen ikut membantu menormalkan kembali kenaikan harga pangan. Kestabilan politik seharusnya patut diapresiasi oleh pelaku pasar dan akan lebih baik lagi bila adanya kesinambungan sehingga arah pembangunan dapat dipahami dan diikuti oleh pelaku usaha yang sudah berinvestasi dan mengembangkan usahanya.

 

Overview

 

Perhatian banyak tertuju pada data inflasi AS yang memang dalam tren menurun namun masih terjadi loncatan tipis yang membuat khawatir akan adanya inflasi yang tidak sesuai harapan. Pada sisi positifnya, adanya sedikit kenaikan pada data inflasi serta di tengah cukup resilient-nya data pasar tenaga kerja di AS, memberikan indikasi bahwa skenario soft-landing pada perekonomian AS masih akan dapat terjadi. Di sisi lain, Bank of Japan sedang memperhatikan inflasi negara tersebut yang masih akan tinggi atau tidak sehingga membuat BoJ mempertimbangkan apakah harus mulai mempertimbangkan kenaikan suku bunga acuan setelah bertahun-tahun tidak pernah berubah.

Pada Februari 2024, Indonesia melaksanakan Pemilihan Umum untuk menentukan presiden baru untuk lima tahun mendatang. Antusiasme terhadap Pemilu kali ini tinggi terutama di kalangan generasi muda, yang menyumbang sepertiga dari total pemilih. Proses pemilihan yang lancar mendapatkan apresiasi dari investor global, sehingga menghasilkan aliran dana yang signifikan ke saham-saham terutama yang berkapitalisasi besar. Selain itu, peningkatan bantuan sosial pemerintah kepada masyarakat berpendapatan rendah telah memperkuat daya beli. Katalis positif ini diharapkan dapat meningkatkan peredaran uang di berbagai sektor ekonomi. Namun, Februari 2024 juga menimbulkan tantangan karena naiknya harga beras di banyak kota, menimbulkan tekanan pada barang dan jasa lainnya. Untungnya, kenaikan harga beras ini bersifat sementara, dan musim panen mendatang diharapkan dapat meredakan beban tersebut.

 

Topic of discussion

 

  • Inflasi.
  • PMI Manufacturing dan Indeks Keyakinan Konsumen.
  • Neraca dagang, ekspor dan impor.
  • Data makro ekonomi.
  • Penjualan mobil dan motor.
  • Analisa kondisi makro ekonomi dan kondisi pasar modal.
  • Kesimpulan dan Rekomendasi.

 

Rekomendasi

 

Sinyal taktikal strategi jangka pendek pada Maret 2024 memberikan isyarat untuk masuk ke risky asset lebih banyak yaitu saham dan obligasi. Porsi saham saat ini sama seperti bulan lalu yakni 47,5% dan porsi obligasi tetap di 47,5% serta porsi pasar uang bertahan di 5,0%. Kami menyarankan investor untuk bullish pada kuartal pertama 2024 karena banyak katalis positif di awal tahun. Rekomendasi produk saham bertahan pada saham berkapitalisasi besar yaitu RD MICB, RD Index FTSE Indonesia ESG dan ETF Mandiri Indeks LQ45 (XMLF). Sementara pada kelas pendapatan tetap produk RD IDAMAN dan MIDU dapat menjadi pertimbangan untuk investor yang ingin memiliki eksposur produk berdurasi menengah – panjang (risiko tinggi) dan berdurasi pendek (risiko rendah) dengan pembagian dividen regular.

 

 

Rekomendasi Produk

 

Saham

 

Saham Global

 

Index

 

Pendapatan Tetap

 

Pasar Uang

PRODUK 3M PERFORMANCE YTD PERFORMANCE
Saham
MICB A +4,5% +3,6%
ASEAN5 +5,0% +3,9%
Saham Global
MGSED A +12,2% +11,0%
MASED B +3,4% +0,5%
Index
FTSE ESG A +5,4% +4,4%
XMLF +4,3% +4,0%
Pendapatan Tetap
MIDU +1,09% +0,89%
IDAMAN -1,37% -1,72%
Pasar Uang
MIPU +1,02% +0,94%

*Data diatas adalah data per tanggal 25 Maret 2024

 

Untuk membaca hal-hal yang terjadi di bulan Desember 2023 yang mempengaruhi ekonomi secara makro selengkapnya disini:

Baca Selengkapnya

 


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi – (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi – 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi – [email protected]
Mandiri Investasi – www.mandiri-investasi.co.id
Moinves – www.moinves.co.id


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Written by

Willy Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *