Menyiasati Ganjil Genap Secara Legal

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Menyiasati Ganjil Genap Secara Legal

Asian Games sebentar lagi akan dipertandingkan. Banyak penutupan jalan ditambah ganjil genap yang semakin diperluas. Diantara kalian mungkin saja kesel karena beberapa area macetnya bikin kepala sumpek. Seperti yang kita tahu jika memprotes aturan ini pun tidak ada gunanya mengingat tujuan utamanya ialah mengurangi kemacetan di Ibukota.

Daripada produktifitasmu berkurang karena terlalu kesal, sebenarnya ada trik untuk menyiasati ganjil genap secara legal yang disampaikan langsung oleh Bapak Udar Pristono, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang dilansir dari Marketeers online, yaitu:

 

  • Mengubah Pola Perjalanan

Kamu yang tidak ingin mengikuti aturan, keluarkan mobilmu sebelum jam 6 pagi atau setelah jam 8 malam. Butuh usaha bangun pagi banget sih, tapi ya itu usaha yang mesti kamu kerjain kalau gam au kena macet.

 

  • Konsep Park & Ride

Kamu bisa memarkir mobilmu di daerah sebelum memasuki sistem ganjil genap atau tempat strategis yang dekat dengan stasiun dan terminal, lalu kamu melanjutkan perjalanan dengan transportasi umum.

 

  • Car Pooling

Jika sudah merasa pengeluaran bensin makin mengucur deras, lebih baik menggunakan satu mobil sesuai pelat dan tanggal untuk bersama teman yang satu wilayah tempat tinggal. Gampang dan murah kan?

 

Terakhir, sudah tahu belum jika Waze dan Google Maps sekarang bisa mencari rute alternatif sesuai pelat nomer kendaraanmu? Pengguna Waze bisa cek dengan membuka menu “setting”, lalu “navigasi” kemudian lanjut ke menu “license plat restriction” dan masukan dua digit terakhir pelat nomer kamu.

 

Sedangkan kamu yang lebih nyaman memakai Google Maps, masukan lokasi tujuan dulu, pilih “setting” lalu “route options” kemudian nanti ada arahan untuk menghindari jalan khusus pelat nomer yang berlaku saat itu.

 

Ada yang punya trik lain selain diatas? Share yah. Tapi yang penting jangan sampai melanggar lalu lintas.

 

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *