Bertahan Menghadapi Kebangkrutan Bisnis

  • icon-jam6 years ago
  • icon-share
    Shares

Bertahan Menghadapi Kebangkrutan Bisnis

Namanya juga bisnis pasti ada pasang surutnya. Tapi bukan berarti ketika kamu sedang jatuh, lalu usahamu seketika langsung hancur lho. Jangan patah semangat dulu. Kenali masalah dalam bisnismu, kemudian pikirkan bagaimana cara mempertahankan sesuatu yang sudah dibangun. Uangmu juga belum tentu lenyap seketika, apalagi kalau sudah punya simpanan investasi. Kamu juga bisa menggunakan cara dibawah ini untuk bertahan dalam menghadapi krisis bisnis:

 

  • Pangkas pengeluaran

Demi arus kas yang stabil, sementara waktu kamu harus melakukan penghematan yang besar misalnya meninjau kembali biaya operasional yang tidak terlalu penting hingga memberhentikan sementara karyawan. Jelaskan situasi perusahaan dengan baik supaya tidak menyakiti hati. Serta hentikan dulu sementara investasi dengan nilai yang besar dan alokasikanlah untuk keperluan bisnismu.

 

  • Mencari peluang penjualan baru

Kemerosotan bisnis juga bisa dipicu dari strategi pemasaranmu atau inovasi produk. Agar tetap bisa bersaing, pikirkan bagaimana kamu bisa menampilkan sesuatu yang segar atau menggunakan alat pemasaran lain yang langsung menuju ke target marketmu dengan biaya minim. Justru dengan turunnya usahamu, harusnya malah menjadikanmu lebih kreatif agar bisnismu kembali naik.

 

  • Selesaikan pemeriksaan pajak

Karena bisnismu sedang sepi, sebaiknya coba konsultasikan kondisi ini dengan penasihat pajak serta penasihat keuanganmu, misalnya dengan menurunkan penghasilan kena pajakmu sesuai dengan pemasukan yang ada. Atau juga minta penasihat keuanganmu membuatkan strategi keuangan hingga bisnismu seperti sedia kala. Yang penting, bayar pajak jangan telat yah.

 

  • Bersantailah sejenak

Memikirkan bisnis yang sedang di ujung tanduk memang stres. Tapi percayalah bahwa kepala yang panas tidak akan menghasilkan ide apapun. Maka dari itu, ambilah waktu sebentar untuk berpikir waras dan menentukan langkah ke depan. Kerja keras juga butuh waktu untuk beristirahat.

 

Kunci berhasilnya langkah ini tentu saja tergantung dari seberapa kuatnya kamu menghadapi kegagalan. Ingatlah bahwa kebanyakan orang sukses di dunia memang berawal dari kejatuhan. Jadikan mereka motivasi untuk kamu kembali beraksi.

Written by

Celixa Yovanka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *